21 Orang Tewas Terdampak Cuaca Ekstrem di AS

Cuaca dingin ekstrem di Amerika Serikat yang memicu pemadaman listrik di jutaan rumah juga telah menelan lebih banyak korban jiwa. Setidaknya ada 21 kematian terkait suhu dingin ekstrem di AS, mulai dari kecelakaan mobil hingga keracunan gas karbon monoksida.

Korban meliputi tiga orang yang tewas terkena imbas badai di North Carolina. Ada juga empat orang yang meninggal saat menggunakan perapian untuk menghangatkan badan.

Dilansir dari laman Jpost pada Rabu, 17 Februari 2021, media lokal dan kepolisian melaporkan adanya kematian terkait cuaca dingin di Texas, Louisiana, Kentucky, dan Missouri.

Badai yang melanda wilayah selatan AS membawa salju tebal dan juga hujan bersuhu rendah di wilayah New England dan Deep South. Temperatur yang sangat rendah ini juga memicu peringatan di Kanada dan Meksiko, dua negara tetangga AS.

Cuaca dingin ekstrem ini juga mengancam upaya vaksinasi Covid-19 di AS. Pemerintahan Presiden Joe Biden mengestimasi adanya keterlambatan pengiriman dan penyuntikan vaksin akibat badai salju.

“Kami terkejut badai salju ini memburuk dengan sangat cepat,” kata Direktur Layanan Darurat Badan Nasional Cuaca AS, Ed Conrow.

“Saat malam hari, ketika sebagian besar orang tertidur di rumah, situasi berbahaya tercipta di luar,” lanjutnya.

Pemadaman listrik akibat cuaca ekstrem terjadi di Texas, yang berimbas pada lima dari empat juta rumah dan tempat usaha.

Di Texas, tiga anak-anak dan neneknya meninggal dalam kebakaran. Api diduga muncul setelah mereka menggunakan perapian untuk tetap hangat di tengah pemadaman listrik.

Kematian lainnya di Texas meliputi dua perempuan yang meninggal akibat keracunan gas karbon monoksida. Mereka ditemukan meninggal di dalam rumah yang mengalami pemadaman, dengan kondisi mobil dibiarkan menyala di dalam garasi.

Dua kematian lainnya ditemukan di sepanjang jalan raya Houston. Petugas menemukan dua pria tergeletak tak bernyawa, kemungkinan karena terpapar suhu dingin ekstrem.

Di Tennessee barat, seorang bocah berusia 10 tahun tewas usai jatuh ke sebuah kolam es di tengah terjangan badai salju.

Beberapa kota mencatat temperatur super rendah. Di Minnesota, suhu terpantau mencapai minus 39 derajat Celcius, dan di Sioux Falls, South Dakota, temperatur terpantau minus 26 derajat Celcius.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Tempo.co

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *