Kiriman Pertama Vaksin Covid-19 Pfizer Tiba di Israel

Israel menerima pengiriman gelombang pertama vaksin virus korona (covid-19) Pfizer pada Rabu, 9 Desember 2020. Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menyatakan akhir pandemi sudah ‘terlihat’ dan menginginkan suntikan pertama vaksin itu.

“Ini adalah perayaan besar bagi Israel,” katanya di landasan pacu di bandara Ben Gurion, dekat Tel Aviv, dikutip dari AFP Rabu, 9 Desember 2020.

Pengiriman tersebut adalah yang pertama dari delapan juta dosis yang dipesan dari raksasa farmasi AS Pfizer-BioNTech. Vaksin itu datang menjelang Hanukkah, Festival Cahaya Yahudi, yang dimulai pada Kamis, 10 Desember 2020.

“Saya ingin menjadi contoh bagi mereka dan saya ingin menjadi orang pertama yang disuntik dengan vaksin ini di negara Israel,” kata dia.

Menurut Netanyahu, covid-19 telah menjangkiti 348.948 warga Israel. Sebanyak 2.932 kasus masuk kategori fatal.

“Yang penting bagi saya adalah warga Israel mendapatkan vaksinasi,” kata Netanyahu.

Vaksin Pfizer belum menerima persetujuan peraturan yang diperlukan untuk digunakan di Israel. Tetapi Netanyahu berharap untuk menerima izin dalam waktu dekat.

Hasil uji klinis fase ketiga menunjukkan bahwa vaksin itu 90 persen efektif dalam mencegah gejala covid-19. Laporan teranyat, tak ada efek samping yang merugikan di antara ribuan sukarelawan.

Inggris yang juga menggunakan vaksin dari Pfizer, dan mulai menyuntik warganya dengan vaksin pada Selasa, 8 Desember 2020. Selain dari Pfizer, Israel juga membelienam juta dosis vaksin covid-19 dari perusahaan biotek AS Moderna yang diharapkan akan dikirimkan pada tahun 2021. Kiriman dari Madorena akan memberikan total 14 juta suntikan untuk populasi sembilan juta.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *