PDB Inggris Terancam Merosot Tajam, Terburuk Sejak 1706

Bank of England memperkirakan PDB Inggris terancam turun 14% tahun ini dan akan menjadi kemerosotan tahunan terburuk Inggris selama 300 tahun lebih sejak 1706, ditambah tingkat pengangguran mencapai 8% ketika krisis virus corona merusak perekonomian.

Bank of England merilis laporan pertamanya tentang dampak potensial dari langkah-langkah lockdown untuk membatasi penyebaran Covid-19 karena komite kebijakan moneternya membiarkan suku bunga tidak berubah pada level terendah 0,1%.

Dikutip dari Reuters, 7 Mei 2020, dalam laporan apa yang disebut “skenario ilustratif” daripada perkiraan standar, Bank of England (BoE) mengatakan ekonomi Inggris mungkin akan menyusut 25% dalam tiga bulan hingga Juni dan pengangguran dapat lebih dari dua kali lipat menjadi 9% dari tenaga kerja.

Pada tahun 2020 secara keseluruhan, output berisiko menyusut sebesar 14% atau penurunan terbesar sejak “Great Frost” pada tahun 1709, terlepas dari stimulus besar yang diberikan sejauh ini oleh suku bunga BoE dan program pembelian obligasi besar-besaran, serta langkah-langkah anggaran darurat pemerintah 100 miliar poundsterling (Rp 1.859 triliun).

Namun, skenario bank sentral mencakup bouncing kembali ekonomi yang tajam pada tahun 2021 dengan pertumbuhan 15% jika pembatasan ekonomi dilonggarkan selama beberapa bulan mendatang.

BoE mempertahankan suku bunga acuan pada titik terendah sepanjang masa, 0,1% dan meninggalkan target pembelian obligasi, sebagian besar berupa utang pemerintah Inggris pada 645 miliar poundsterling (Rp 12.000 triliun).

Dua dari sembilan pembuat kebijakannya, Michael Saunders dan Jonathan Haskel, memilih 100 miliar pound senjata pembelian obligasi lagi dan Gubernur Andrew Bailey mengatakan BoE siap untuk bertindak lagi.

“Jelas ada komitmen dan tekad untuk mengambil tindakan jika kita perlu melakukannya,” kata Bailey kepada wartawan.

Dikutip dari Sky News, Bank of England mengatakan penurunan ekonomi 14% juga tergantung pada dukungan yang signifikan dari Bank dan pemerintah dengan uang tunai saat ini tersedia dari berbagai skema untuk mendukung bisnis, pekerjaan, dan upah.

Angka resmi minggu depan diharapkan untuk mengkonfirmasi pertumbuhan negatif bagi ekonomi untuk tiga bulan pertama tahun ini.

Proyeksi Bank of England mencakup dampak 3% antara Januari dan Maret sebelum penurunan 25% dalam PDB pada kuartal kedua.

Penjualan perusahaan di Inggris turun 45% antara bulan April dan Juni dengan jatuhnya 50% dalam investasi bisnis selama krisis virus corona.

 

 

 

 

 

 

Sumber : tempo.co
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *