KKP Bentuk Satgas Pencegahan & Penanggulangan Covid-19

Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19. Melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan (Kepmen) Nomor 27/Kepmen-KP/2020, Satgas tersebut akan bekerja untuk mencegah dan menanggulangi penyebaran Covid-19 di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Di dalam Kepmen dijelaskan bahwa anggota Satgas wajib menerima, membantu, dan memberikan pelayanan berupa informasi yang berhubungan dengan Covid-19.

“Kemudian memberikan pertolongan atau pelayanan mengantar jika ada masyarakat atau pegawai yang membutuhkan pengantaran ke rumah sakit dengan menggunakan ambulance,” ujar Edhy dalam keterangan tertulis, Selasa (31/3).

Pelaksana Tugas Harian (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) KKP, Antam Novambar ditunjuk sebagai Ketua Satgas. Adapun salah satu tugasnya ialah melakukan pengawasan, pemantauan, dan evaluasi pelaksanaan pencegahan, penanggulangan dan penyebaran Covid-19.

Sementara anggota Satgas, terdiri dari jajaran Eselon I dan II di lingkungan KKP. Masa kerja Satgas terhitung sejak 18 Maret dan akan berakhir bersamaan dengan berakhirnya status keadaan darurat bencana penyakit akibat wabah Covid-19.

Sejalan dengan Kepmen tersebut, akan dibangun juga Posko Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 KKP di sekitar Gedung Mina Bahari (GMB) I. Fasilitas yang disediakan berupa ambulans, tenaga medis, serta alat penunjang medis seperti tabung oksigen, kursi roda, masker, dan obat-obatan.

Sebelumnya, pada Minggu 15 Maret 2020, Edhy mengeluarkan kebijakan kepada jajarannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi agar terhindar dari Covid-19.

Melalui Surat Edaran Nomor B.181/SJ/KP.620/III/2020, terdapat sejumlah ketentuan pemberlakuan sistem kerja di lingkungan KKP, seperti work from home serta peniadaan atau pembatalan kunjungan ke daerah dan luar negeri.

Selain itu, dilakukan juga penyemprotan disinfektan ke semua ruang kantor di KKP, pengecekan suhu tubuh pegawai dan tamu, serta menyediakan hand sanitizer di dekat-dekat pintu masuk dan lift.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *