Bukan Kabur dari Jakarta, Ini Alasan Zaskia Adya Mecca Social Distancing di Yogyakarta

Artis peran Zaskia Adya Mecca mencurahkan pengalamannya ketika hendak mengisolasi diri bersama keluarga di rumah. Keputusan Zaskia bersama suaminya Hanung Bramantyo untuk melakukan social distancing di Yogyakarta ternyata tak mulus begitu saja. Banyak tantangan yang harus ia lewati.

Zaskia menceritakan awal mula bagaimana ia akhirnya mengisolasi diri bersama keluarga di Yogyakarta. Dalam sebuah unggahan di akun Instagram-nya, Kamis (19/3/2020), Zaskia menuju Yogyakarta bersama anak-anaknya tanpa didampingi Hanung.

“Jujur buat memutuskan berangkat ke Jogja, aku dan mas @hanungbramantyo juga galau banget 4 hari terakhir… Kebetulan pas pengumuman isolasi saya dan Mas Hanung lagi kepisah kota,” tulis Zaskia dalam keterangan unggahannya seperti dikutip Kompas.com, Kamis (19/3/2020).

Zaskia mengakui, ia sempat berdiskusi dengan Hanung soal mana tempat yang cocok untuk dijadikan tempat isolasi selama masa social distancing. Kata Zaskia, banyak pertimbangan yang harus ia pikirkan bersama suami sebelum memilih.

“Perusahaanku ada di Jakarta, kebetulan pas banget harus pindah kantor minggu depan, sedangkan Mas Hanung baru menstop produksi shooting 2 film di Jogja,” ucap Zaskia. “Setelah kita masing-masing selesaikan urusan kerjaan, lalu jalani isolasi di rumah masing-masing (Jakarta dan Jogja) akhirnya kita memutuskan Jogja mungkin lebih baik buat kami,” lanjutnya.

Dipilihnya rumah yang ada di Yogyakarta, kata Zaskia, bukan tanpa alasan kuat. Banyak pertimbangan yang dirasa menguntungkan untuk menunjang masa isolasi demi melindungi keluarga dari potensi penyebaran virus corona.

Hal itu pulalah yang menjadi oleh Zaskia, dipilihnya Yogyakarta sebagai tempat isolasi bukan lantaran ingin menjauhi Jakarta semata yang menjadi wilayah dengan angka positif terbanyak di Jakarta.

“Tapi di Jogja akan lebih kondusif untuk kami dengan anak banyak, halaman jauh lebih luas, rumah Jogja selalu kosong dan jarang sekali ditempati jadi ketika ada kesempatan menempati agak lama lebih baik kami manfaatkan,” ucap Zaskia.

“Di Jakarta ada saja setiap hari tamu ke rumah walau cuma sekadar lapor kerjaan, antar sesuatu dan anak minta main ke rumah sepupu, teman atau sebaliknya,” tambah Zaskia.

Singkat cerita, atas keputusan ini jua membuat Zaskia mau tak mau harus mengendarai mobil menuju Yogyakarta tanpa didampingi suami. Dan harus melindungi anak-anaknya selama di perjalanan.

“Persoalan social distancing & kekhawatiran apabila keluar wilayah wabah akan menularkan orang lain membuat saya memutuskan Nyetir sendiri 8 jam perjalanan Jakarta – Jogja,” ucap Zaskia. Demi mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, Zaskia menyiapkan segala keperluan selama diperjalanan sebaik mungkin.

Hal ini ia lakukan agar ia dan anak-anaknya tak banyak melakukan kontak fisik dengan orang lain atau berada di kerumunan. “Bawa bekal sehingga enggak perlu berhenti jajan, hanya 3 kali mampir rest area cari toilet paling sepi dan memang kosong semua toilet dan rest area, alhamdulillah dan sampai di Jogja langsung masuk rumah, enggak ke tetangga bahkan enggak berani mampir ke rumah mertua,” tutur Zaskia.

Dengan semua pengalaman itu, Zaskia berharap keputusannya dan suami bisa memberi manfaat tak hanya untuk dirinya, tetapi semua orang. “Bismillah perpindahan ini enggak membawa mudharat bagi siapapun, saya juga bisa lanjut #dirumahaja lengkap bareng Mas Hanung (kurang mas @barmastyabhumi yang memutuskan di rumah ibu),” ucap Zaskia.

Tak lupa, Zaskia berharap kondisi wabah virus corona saat ini bisa segera membaik. Kakak Haykal Kamil ini juga mengungkapkan rasa salutnya kepada orang-orang yang masih harus menjalankan tugas di kantor atau luar rumah karena pekerjaan yang tak memungkinkan.

“Dan semoga dunia segera ‘pulih’ dari wabah corona serta penyakit lainnya… Amin ya Rab… Salam hormat saya untuk semua pekerja yang tetap harus melaksanakan tugas dan tidak bisa #dirumahaja,” tutup Zaskia.

 

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : kompas.com

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *