Diskusi OPEC-Rusia Berakhir Sengit, Harga Minyak Dunia Rontok

Harga minyak mentah dunia rontok ke posisi terendah dalam lebih dari 11 tahun terakhir pada perdagangan akhir pekan lalu. Minyak mentah berjangka Brent turun US$4,72 atau 9,4 persen ke posisi US$45,27 per barel.

Sementara, seperti dilansir Antara, Senin (9/3), harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) anjlok US$4,62 atau 10,1 persen menjadi US$41,28 per barel. Harga ini merupakan yang terendah sejak Agustus 2016 lalu.

OPEC dan sekutunya termasuk Rusia, dikenal sebagai OPEC+ bertemu di Wina, Austria pada 5-6 Maret 2020 lalu. Mereka membahas kelanjutan pemangkasan produksi akibat penyebaran virus corona. Saat ini, kelompok itu telah memotong produksi hingga 2,1 juta bph.

Namun, pembahasan antara OPEC dan Rusia berakhir sengit lantaran Rusia bersikeras menolak pengurangan produksi minyak. Kondisi itu memicu kerugian besar di mana lebih dari 1 juta kontrak minyak mentah AS diperdagangkan pada akhir pekan lalu.

Perpecahan antara OPEC dan Rusia menimbulkan kekhawatiran jatuhnya harga minyak, seperti 2014 lalu. Ketika itu, Arab Saudi dan Rusia berebut pangsa pasar dengan produsen minyak serpih AS.

“Ini bisa menjadi akhir dari aliansi OPEC-Rusia,” kata analis di Price Futures Group di Chicago Phil Flynn.

OPEC sendiri mendorong tambahan pemotongan 1,5 juta bph sampai akhir 2020. Dengan demikian, total pemangkasan produksi mencapai 3,6 juta bph, atau sekitar 3,6 persen dari pasokan global.

Sementara, negara-negara non-OPEC diharapkan memberikan kontribusi 500 ribu bph sebagai tambahan pemangkasan.

“Mulai 1 April semua produsen minyak diizinkan untuk memproduksi sebanyak yang mereka suka,” terang analis di ABN AMRO dalam sebuah laporan.

Untuk diketahui, jumlah korban terinfeksi virus corona melampaui 100 ribu dari seluruh dunia. Pasar khawatir merebaknya virus corona ke berbagai negara akan mempengaruhi ekonomi dan permintaan minyak mentah.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Liputan6.com

 

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *