Dipinang Jokowi, Erick Thohir Akan Lepas Sejumlah Jabatan Ini

Pendiri Mahaka Group, Erick Thohir dipanggil oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana Negara, pada Senin kemarin (21/10/2019) di saat Kabinet Kerja Jilid II akan segera diumumkan oleh Presiden Jokowi esok hari Rabu (23/10/2019).

Erick menyebut, Presiden meminta dirinya membantu kabinet dalam 5 tahun ke depan bidang ekonomi. Apalagi, Jokowi menargetkan, pada 2045 Indonesia akan menjadi negara maju dengan PDB per kapita Rp 300 juta per tahun dengan target tingkat kemiskinan mendekati nol persen.

Namun, ia mengakui ini adalah tugas yang berat.

“Tapi itu kan 2045 ini kan 5 tahun, tentu dalam 5 tahun ini dengan kondisi persaingan perang dagang ekonomi banyak juga negara tetangga mulai merasakan ini yang perlu diantisipasi,” kata Erick, kepada awak media di Kompleks Istana Negara, Senin (21/10/2019).

Bila terpilih sebagai menteri, maka Erick akan melepas sejumlah jabatan strategis. Jabatan tersebut antara lain, Direktur Utama di PT Intermedia Capital Tbk. (MDIA), induk dari PT Cakrawala Andalas Televisi (ANTV).

Selain itu, Erick juga menjabat sebagai Presiden Direktur Cakrawala Andalas Televisi dan Komisaris PT Asia Global Media, Komisaris Utama PT Redal Semesta, Komisaris PT Beyond Media, Komisaris Utama PT Mahaka Media Tbk (ABBA), Komisaris Utama PT Entertainment Live, Direktur PT Trinugraha Thohir Media Partners (pemegang saham PT Visi Media Asia Tbk), dan Presiden komisaris di PT Mahaka Radio Integra Tbk. (MARI).

“Sudah pasti dengan jabatan ini maka tidak boleh ada conflict of interest. Saya akan melepaskan semua jabatan,” ujar Erick menambahkan.

Erick yang pernah menjabat Ketua Panitia Asian Games 2018, mengaku tidak bisa mengurus pekerjaan lain kala itu. “Ketika Asian Games saya juga berhenti total,” tegas Erick.

Erick Thohir digadang-gadang akan menjadi salah satu menteri dalam kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin. Dikabarkan dia akan menjadi menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Mencuatnya nama Erick menjadi katalis positif bagi perusahaan terafiliasi. Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin kemarin (21/10/2019), harga saham Mahaka Media dengan kode saham ABBA melesat 19,13% menjadi Rp 218/saham. Erick masih menjabat sebagai komisaris utama di ABBA.

Lalu saham PT Intermedia Capital (MDIA), yang merupakan induk usaha ANTV, harga sahamnya naik 2,8% ke level Rp 110/saham. Erick di perusahaan ini tercatat sebagai Direktur Utama.

Namun sayang salah satu perusahaan yang juga dimiliki Erick, PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI), bernasib berbeda. Saham MARI pada perdagangan kemarin anjlok 8,73% ke level Rp 230/saham.

 

 

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com
Gambar : RMOL

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *