Federer Usul Hadiah Turnamen Kelas Dua dan Petenis Kualifikasi Dinaikkan

Menjadi legenda dari seluruh legenda tenis, Roger Federer kini mulai berbicara tentang nasib para petenis yang bertarung di fase kualifikasi atau bahkan tersingkir di putaran awal di turnamen sekelas grand slam. Menurutnya, penyelenggara harus menaikkan hadiah uang untuk petenis kualifikasi atau yang kalah lebih dini.

Hal tersebut disampaikan petenis asal Swiss tersebut setelah ia mengalahkan wakil Bosnia, Damir Dzumhur, di putaran kedua Amerika Serikat (AS) Terbuka 2019 di Stadion Arthur Ashe, New York, Rabu (28/8) atau Kamis pagi WIB. Pendapat ini juga disampaikannya menyusul naiknya hadiah uang untuk petenis top di grand slam.

“(Jumlah hadiah) itu akan menjadi hal yang menjadi tujuan kami bertanding… Saya tahu turnamen tidak mendapatkan (peningkatan) pendapatan yang seksi untuk petenis kualifikasi di putaran pertama atau putaran kedua,” kata Federer sebagaimana dipetik dari Reuters.

“Saya percaya pemain Challenger (turnamen kelas dua setelah ATP Tour) dan juga petenis kualifikasi yang tersingkir di putaran kedua harus mendapatkan lebih. Jika harus ada peningkatan itu tidak seharusnya untuk (petenis) top lagi. Saya merasa kami sudah mendapatkan level yang baik di sini.”

Tahun ini, AS Terbuka memberikan hadiah masing-masing sebesar 3,85 juta Dollar AS atau sekitar Rp54,7 miliar. Jumlah itu naik sekitar 4.000 Dollar AS dari tahun kemarin dan Federer mengaku jumlah yang didapatkannya saat ini jauh meningkat dibandingkan dengan yang diperolehnya di awal karirnya.

Federer sejauh ini telah mengumpulkan 126.340.700 Dollar AS dari karir tenisnya dengan 20 gelar trofi grand slam di lemari museumnya. Situasi itu membuat petenis berusia 38 tahun itu menyadari betapa sulitnya petenis muda membangun karir karena tenis adalah olahraga yang membutuhkan biaya yang besar.

“Meski saya telah memberikan semuanya tapi itu (turnamen kelas dua) tidak seharusnya menjadi tur petenis yang kalah, mereka juga mengorbankan banyak waktu mereka dan bekerja sama kerasnya dengan yang kami lakukan di jajaran top,” kata Federer.

 

 

 

Sumber : akurat.co
Gambar : akurat.co

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *