NFP Januari AS Melonjak Mengabaikan Penutupan Pemerintah

Pertumbuhan pekerjaan A.S. diluar dugaan melonjak bulan Januari, dimana sebagian besar pihak memperkirakan penutupan pemerintahan selama 35 hari akan menekan angka pertumbuhan ini.

Lonjakan terjadi dengan pengusaha mempekerjakan sebagian besar pekerja dalam 11 bulan, menunjuk ke kekuatan yang mendasari dalam perekonomian meskipun prospek yang semakin suram telah membuat Federal Reserve berhati-hati tentang kenaikan suku bunga lebih lanjut tahun ini.

Meskipun penutupan pemerintahan AS tidak dapat menekan pertumbuhan pekerjaan, namun hal tersebut mendorong tingkat pengangguran ke tertinggi tujuh bulan 4,0 persen.

Laporan itu muncul dua hari setelah Fed mengisyaratkan kampanye kenaikan suku bunga tiga tahun mungkin berakhir karena meningkatnya tantangan ekonomi, termasuk volatilitas pasar keuangan dan perlambatan pertumbuhan global.

Non Farm Payrolls (NFP) AS melonjak 304.000 pekerjaan bulan lalu, kenaikan terbesar sejak Februari 2018, kata Departemen Tenaga Kerja. Pertumbuhan pekerjaan didorong oleh perekrutan di lokasi konstruksi, pengecer dan layanan bisnis serta di restoran dan hotel.

Tetapi data untuk November dan Desember direvisi turun untuk menunjukkan 70.000 lebih sedikit pekerjaan yang diciptakan dari yang dilaporkan sebelumnya. Ekonomi perlu menciptakan sekitar 100.000 pekerjaan per bulan untuk mengimbangi pertumbuhan populasi usia kerja.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan gaji meningkat sebesar 165.000 pekerjaan pada Januari.

Penutupan pemerintah menyebabkan sekitar 380.000 pekerja cuti tetapi Presiden AS Donald Trump menandatangani undang-undang yang menjamin gaji para karyawan ini. Akibatnya, para pekerja ini dimasukkan dalam penghitungan gaji Januari dalam survei pengusaha.

Namun, pekerja yang cuti itu dianggap menganggur karena “PHK sementara” dalam survei rumah tangga terpisah yang darinya tingkat pengangguran dihitung. Ini mendorong tingkat pengangguran sebesar sepersepuluh poin persentase dari 3,9 persen pada Desember.

Penghasilan per jam rata-rata naik tiga sen, atau 0,1 persen pada Januari setelah naik 0,4 persen pada Desember. Itu membuat kenaikan upah tahunan 3,2 persen.

Dengan data kunci dari Departemen Perdagangan, termasuk laporan produk domestik bruto kuartal keempat masih tertunda karena penutupan pemerintah, laporan ketenagakerjaan adalah bukti terkuat namun bahwa ekonomi tetap di tanah yang kokoh.

The Fed pada hari Rabu mempertahankan suku bunga stabil tetapi mengatakan akan bersabar dalam meningkatkan biaya pinjaman lebih lanjut tahun ini. Bank sentral AS menghapus bahasa dari pernyataan kebijakan Desember bahwa risiko terhadap prospek hampir seimbang.

Kepercayaan bisnis dan konsumen memburuk dalam beberapa bulan terakhir. Keyakinan telah terkikis oleh perjuangan atas anggaran pemerintah dan perang dagang Washington dengan Beijing.

Hambatan lain terhadap ekonomi termasuk dorongan memudar dari pemotongan pajak $ 1,5 triliun, melambatnya pertumbuhan di China dan Eropa, serta risiko kepergian yang tidak jelas oleh Inggris dari Uni Eropa.

Pemerintah mengatakan tingkat pekerjaan pada bulan Maret tahun lalu adalah 1.000 lebih rendah berdasarkan penyesuaian musiman daripada yang dilaporkan. Pergeseran dalam kontrol populasi tidak berdampak pada tingkat pengangguran dan partisipasi angkatan kerja.

Pertumbuhan pekerjaan meningkat secara luas di bulan Januari. Pekerjaan di lokasi konstruksi melonjak 52.000, terbesar sejak Februari 2018, setelah meningkat 28.000 pada Desember. Perekrutan kemungkinan didorong oleh suhu ringan di Januari.

Penggajian manufaktur meningkat 13.000, melambat dari kenaikan 20.000 di bulan Desember. Pekerjaan di sektor rekreasi dan perhotelan melonjak sebesar 74.000. Penggajian ritel rebound oleh 20.800 pekerjaan. Pekerjaan jasa profesional dan bisnis meningkat 30.000 pekerjaan bulan lalu.

Pemerintah menambahkan 8.000 pekerjaan bulan lalu. Minggu kerja rata-rata tidak berubah pada 34,5 jam di Januari.

 

 

 

 

 

Sumber : vibiznews.com
Gambar : FXStreet

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *