Australia Menahan Suku Bunga Pada Rekor Terendah

Australia mempertahankan suku bunga pada rekor terendah pada hari Selasa, seperti yang terjadi selama dua tahun terakhir, sementara mata uang meluncur ke arah 70 sen AS menawarkan prospek stimulus tambahan bagi perekonomian.

Seperti yang diharapkan, Gubernur Reserve Bank of Australia (RBA) Philip Lowe meninggalkan tingkat kas pada 1,5 persen, sikap yang ia harapkan pada akhirnya akan memperketat pasar tenaga kerja dan memacu pertumbuhan upah yang cukup untuk mempercepat inflasi. Sementara dolar Australia lebih dari 10 persen turun sejak Februari dapat membantu mempercepat proses itu, ada risiko bahwa kenaikan suku bunga hipotek dan penurunan harga properti dapat mendorong rumah tangga untuk menyingkirkan dompet mereka.

“Satu sumber ketidakpastian yang berkelanjutan adalah prospek untuk konsumsi rumah tangga,” kata Lowe dalam sebuah pernyataan setelah keputusan tersebut. “Pendapatan rumah tangga telah tumbuh perlahan dan tingkat utang tinggi.” Pada nilai tukar, gubernur mencatat bahwa “telah terdepresiasi terhadap dolar AS bersama dengan sebagian besar mata uang lainnya.”

RBA mengatakan bahwa pergerakan suku bunga berikutnya lebih mungkin naik daripada turun; gubernur, sejak mengambil alih kemudi pada September 2016, enggan untuk memangkas lebih jauh mengingat semakin berkurangnya pengembalian dari kebijakan yang lebih mudah.

Namun stimulus RBA terkikis ketika Westpac Banking Corp pekan lalu mengatakan bahwa mereka menaikkan suku bunga KPR sebesar 14 basis poin, lebih dari setengah kenaikan RBA, untuk mengkompensasi biaya pendanaan lepas pantai yang lebih tinggi.

Itu mendorong para pedagang untuk mendorong taruhan mereka untuk kenaikan suku bunga pertama bank sentral sejak 2010 dan menurunkan mata uang. Banyak analis sekarang melihat Aussie jatuh ke 60-an, berpotensi meningkatkan daya saing eksportir dan industri yang bersaing impor dan memungkinkan mereka untuk mengambil lebih banyak staf.

Dolar Aussie mungkin perlu jatuh ke tahun 60-an untuk periode berkelanjutan – berpotensi hampir satu tahun – untuk mengubah perhitungan RBA. Bank sentral saat ini tidak melihat pengangguran jatuh ke tingkat 5 persen yang umumnya terkait dengan pertumbuhan upah yang lebih cepat hingga Desember 2020. Tingkat pengangguran saat ini 5,3 persen.

Australia juga di jalur untuk perubahan dalam pemerintahan pada semester pertama tahun depan untuk administrasi yang kurang ramah bisnis. Partai Buruh dapat mencairkan pengurangan pajak penghasilan pemerintah saat ini yang – dalam lingkungan upah yang stagnan – adalah salah satu dari beberapa opsi yang tersedia untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga.

 

 

 

 

Sumber Berita : businesstimes.com
Sumber foto : IVOOX.id

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *