Jokowi: Semua Negara Anggota ASEAN Hadiri KTT di Labuan Bajo Mei 2023

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan semua negara anggota ASEAN akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Adapun KTT akan digelar pada Mei 2023 mendatang.

“Ya semua anggota ASEAN hadir,” ujar Jokowi usai meninjau kesiapan fasilitas untuk KTT ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo, Selasa (14/3/2023).

Menurut dia, sejumlah venue yang akan digunakan untuk penyelenggaraan ASEAN Summit 2023 sudah siap untuk digunakan. Pemerintah akan mempercantik venue-venue tersebut untuk menyambut para pemimpin negara dan delegasi.

“Saya melihat beberapa venue sudah siap semuanya, tinggal sentuhan sedikit-sedikit,” ucapnya.

Jokowi menyampaikan KTT ASEAN Summit 2023 juga akan digunakan untuk mempromosikan Labuan Bajo sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas. Terlebih, Labuan Bajo memiliki pemandangan yang indah dan bagus untuk wisatawan.

“Di Gulo Mori ini bagus, kita lihat di Labuan Bajo juga bagus. Saya kira semuanya di tengok kanan, tengok kiri semuanya bagus dan indah ya,” tutur Jokowi.

Dalam KTT ASEAN yang berlangsung di Kamboja pada 13 November 2022, Indonesia mendapatkan mandat untuk memegang Chairmanship ASEAN 2023. Dengan menjadi ketua ASEAN ini maka di tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah KTT Asean Summit 2023.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi pun memutuskan bahwa KTT ASEAN Summit 2023 akan dilaksanakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, (NTT). KTT ASEAN Summit 2023 ini akan dilaksanakan pada Mei mendatang.

Salah satu alasan Presiden Jokowi menunjuk Labuan Bajo sebagai tuan rumah KTT ASEAN Summit 2023 adalah untuk memulihkan industri pariwisata di Indonesia Timur pasca diterpa pandemi Covid-19.

“Bapak Presiden sudah memutuskan Labuan Bajo untuk pelaksanaan ASEAN Summit,” kata Menteri BUMN, Erick Thohir di ICE BSD City, Tangerang, Banten, Sabtu (14/1/2023).

Persiapkan Infrastruktur

Strategi ini pun sama seperti yang dilakukan pemerintah untuk pemulihan pariwisata di Bali. Menjadikan Bali sebagai lokasi utama kegiatan konferensi di Pulau Dewata. Sehingga banyak wisatawan yang berdatangan.

“Seperti Bali, dalam kondisi sulit Bapak Presiden menghadiahkan KTT G20 , jadi Bali tumbuh. Nah Labuan Bajo juga, makanya didorong lagi ASEAN Summit di Labuan Bajo,” kata Erick.

Erick menuturkan dengan dijadikan Labuan Bajo sebagai lokasi kegiatan KTT ASEAN Summit, maka akan ada banyak persiapan perbaikan infrastruktur. Misalnya mempercantik bandar udara, pelabuhan sampai lokasi penginapan.

“Jangan sampai kita bangun tujuan wisata baru, tapi BBM enggak ada. Kita dorong dermaga hotel tapi jangan BUMN terus, saya harapkan dari pihak swasta buat dorong investasi,” pungkas Erick.

 

 

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *