Menkeu AS dan Ketua The Fed Buka Suara Terkait Nasib SVB

Regulator keuangan dan perbankan AS meluncurkan langkah-langkah darurat Minggu (12/3) malam waktu setempat untuk membendung potensi limpahan dari keruntuhan Silicon Valley Bank (SVB) yang ambruk secara cepat pada hari Jumat, termasuk langkah-langkah untuk mendukung semua deposan.

Regulator mengumumkan tindakan tersebut dalam pernyataan bersama dari Menteri Keuangan Janet Yellen, Ketua Federal Reserve Jerome Powell dan ketua lembaga penjamin simpanan AS Federal Deposit Insurance Corp (FDIC) Martin Gruenberg. Mereka mengatakan bahwa deposan di SVB akan memiliki akses ke semua uang mereka pada hari Senin.

“Setelah menerima rekomendasi dari dewan FDIC dan Federal Reserve, dan berkonsultasi dengan presiden, Sekretaris Yellen menyetujui tindakan yang memungkinkan FDIC untuk menyelesaikan resolusi Silicon Valley Bank, Santa Clara, California, dengan cara yang sepenuhnya melindungi semua deposan,” kata mereka. “Deposan akan memiliki akses ke semua uang mereka mulai Senin, 13 Maret. Tidak ada kerugian yang terkait dengan resolusi Silicon Valley Bank yang akan ditanggung oleh pembayar pajak.”

The Fed mengatakan akan menyediakan dana tambahan bagi bank untuk memastikan mereka memiliki “kemampuan untuk memenuhi kebutuhan semua deposan” melalui “Program Pendanaan Berjangka Bank” yang baru, yang akan menawarkan pinjaman hingga satu tahun kepada bank yang menjanjikan pinjaman AS. sekuritas treasury, sekuritas berbasis hipotek dan agunan lainnya.

 

 

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com
Gambar : Bloomberg News

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *