Australia Dilanda Cuaca Panas Ekstrem, Suhu Capai 40 Derajat

Cuaca panas ekstrem melanda wilayah timur Australia, termasuk Kota Sydney. Suhu tercatat mencapai 40 derajat celcius.

Petugas pemadam kebakaran bekerja keras untuk menahan hampir 40 kebakaran rumput di seluruh New South Wales (NSW). Larangan kebakaran total sekarang diberlakukan untuk beberapa wilayah di sebagian besar NSW.

Sebanyak 35 sekolah yang sebagian besar berada di daerah pedalaman, telah ditutup karena suhu yang ekstrem.

“Jika api mulai menyala, (Ini) lebih sulit bagi petugas pemadam kebakaran untuk menyiasatinya. Api dapat menyebar dengan sangat cepat, terutama di padang rumput,” kata Angela Burford, petugas operasional di Dinas Pemadam Kebakaran Pedesaan New South Wales, dikutip dari The Straits Times, Senin, 6 Maret 2023.

Biro Meteorologi mengatakan badai petir juga berpotensi terjadi di seluruh NSW timur. Hal itu dikhawatirkan dapat memicu kebakaran baru.

Suhu Penrith, sebuah wilayah di Sydney barat, tercatat mencapai 40,1 derajat Celsius pada Senin, 6 Maret 2023 sore. Sementara itu, beberapa kota di pedalaman mencapai hampir 41 derajat Celsius.

Selama dua tahun terakhir, Pantai timur Australia didominasi oleh fenomena cuaca La Nina yang menyebabkan curah hujan tinggi dan banyaknya bencana banjir.

Pada 2022, Sydney mencatat curah hujan tahunan tertinggi sejak 1858. Namun, biro cuaca mengatakan model iklimnya menunjukkan cuaca La Nina “kemungkinan akan berakhir”

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *