Saudi Izinkan Sekolah Swasta Kurangi Jam Pelajaran

Arab Saudi mengizinkan sekolah swasta dan internasional yang berafiliasi dengan pemerintah untuk mengurangi waktu jam pelajaran.

Kementerian Pendidikan Saudi mengumumkan keputusan ini ketika menjabarkan serangkaian regulasi baru terkait sekolah pada Rabu (25/1).

Berdasarkan aturan baru itu, Saudi juga mengizinkan sekolah-sekolah mengatur ulang waktu kegiatan belajar mengajar dimulai.

Meski demikian, Kementerian Pendidikan Saudi menetapkan jam pelajaran tak boleh kurang dari 35 menit di tingkat sekolah dasar dan 40 menit untuk sekolah menengah.

Sementara itu, waktu pembelajaran dimulai bisa ditetapkan oleh otoritas sekolah, bisa dimajukan 30 menit atau dimundurkan satu jam dari waktu biasa.

Keputusan itu sendiri diambil guna meningkatkan sektor pendidikan, terutama pada sekolah swasta dan internasional.

Seperti dilansir Gauzi Gazette, sekolah-sekolah ini juga bakal dibebaskan untuk memanfaatkan program pengayaan yang telah disetujui oleh kementerian.

Waktu program itu juga bakal menyesuaikan dengan jam pelajaran harian dan mingguan yang biasa diterapkan di sekolah negeri.

Nantinya, sekolah yang berniat menerapkan kebijakan tersebut diminta memberi tahu kementerian maupun kantor pendidikan internasional yang terafiliasi terlebih dulu.

Pengumuman soal perubahan waktu itu pun mesti diberitahukan dua minggu sebelum awal semester atau pada saat pendaftaran siswa pada awal tahun ajaran baru.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *