BI Siapkan ATM Hingga QRIS Untuk F1 Powerboat di Danau Toba

Bank Indonesia (BI) menyiapkan berbagai fasilitas keuangan seperti 172 mesin ATM, money changer dan QRIS untuk mendukung ajang F1 Powerboat (F1H2O) di Danau Toba, Sumatera Utara. Kejuaraan dunia perahu motor ini digelar pada 24-26 Februari mendatang.

Kepala Kantor Perwakilan BI Sumatera Utara Doddy Zulverdi mengatakan untuk menambah ketersediaan ATM, nantinya akan ada mobile ATM atau ATM bergerak yang disediakan bank Himbara, Bank Sumut dan BCA.

“Kami menyiapkan 172 fasilitas ATM di lokasi strategis kawasan penyelenggaraan F1 Powerboat Tahun 2023,” kata Doddy kepada wartawan, Kamis (26/1).

F1 Powerboat merupakan kejuaraan dunia perahu motor Formula 1, dengan peserta dari berbagai negara. Kompetisi ini setara dengan Formula 1 (F1) dan juga MotoGP, atau kelas tertinggi kompetisi powerboat.

Doddy menyebut ajang balap internasional ini secara tak langsung akan meningkatkan perekonomian masyarakat Sumut, terutama warga sekitar Danau Toba.

“Bank Indonesia juga telah berkoordinasi untuk penukaran uang asing di lokasi sehingga mempermudah wisatawan yang datang ke sana. Tak hanya itu, kami juga melibatkan 27 UMKM binaan Bank Indonesia untuk event tersebut,” imbuhnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprov Sumut Ilyas S Sitorus menambahkan persiapan untuk ajang tersebut tengah dilakukan agar acara berjalan dengan baik. Sebagai tuan rumah, Sumut akan kedatangan ribuan orang selama F1 Powerboat berlangsung.

“Ini event luar biasa besar, pembalap dan official saja jumlahnya lebih kurang 1.500 orang. Belum lagi tamu yang lain,” ungkapnya.

Ilyas berharap kegiatan ini mampu mendorong sektor pariwisata Sumut, khususnya Danau Toba. Ia memperkirakan puluhan ribu orang, baik wisatawan mancanegara maupun domestik, akan memadati Balige dan Danau Toba saat F1 Powerboat dibuka.

“Jauh-jauh hari, orang-orang sudah memesan hotel, penginapan, transportasi dan akomodasi,” ujar Ilyas.

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *