Jokowi Wanti-wanti usai PPKM Dicabut: Tetap Waspada

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua pihak tetap waspada dan jajarannya agar berhati-hati mengambil kebijakan usai kebijakan Pembatasan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dicabut pada akhir Desember 2022 lalu.

“Setelah PPKM kita cabut di akhir 2022, masa ini masa transisi, dan kita tetap harus waspada dan hati-hati dalam memutuskan kebijakan,” kata Jokowi dalam Rakornas Transisi Penanganan Covid di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (26/1).

Jokowi juga mengenang pengambilan kebijakan ‘gas dan rem’ atau menyeimbangkan kesehatan dan ekonomi saat pandemi melanda bukan sesuatu mudah. Sebab, ekonomi Indonesia akan jatuh bila hitungan yang dilakukan salah sedikit.

“Begitu gas terlalu kenceng, pandemi juga bisa naik. Itulah yang kita lakukan jaga keseimbangan antara kesehatan dan ekonomi yang semuanya menekan manajemen negara,” kata dia.

Tak hanya itu, Jokowi merefleksikan pandemi mengajarkan pemerintah harus melakukan keputusan dan cepat bertindak.

Baginya, langkah Ini tak mudah. Pasalnya, data yang tersedia di lapangan masih carut marut dan berbeda antara satu lembaga dengan lembaga lainnya.

“Tapi yang paling mendukung partisipasi masyarakat yang besar. Partisipasi inilah yang harus kita apresiasi. Kita hargai karena semua memberikan dukungan dunia usaha, masyarakat di bawah, semuanya bergerak,” kata Jokowi.

 

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *