Sempat Idap Alzheimer, Aktris Yoon Jeong-hee Meninggal di Paris

Aktris senior Korea Selatan Yoon Jeong-hee meninggal dunia pada Kamis (19/1) di Paris, Prancis. Ia sudah menetap di negara itu bersama keluarganya sejak memutuskan pensiun berakting.
Yoon Jeong-hee, seperti diberitakan Yonhap pada Jumat (20/1), meninggal dunia saat berusia 78 tahun (berdasarkan perhitungan internasional).

Tak hanya itu, Yoon Jeong-hee juga diberitakan mengidap Alzheimer dalam beberapa waktu sebelum meninggal dunia pada Kamis (19/1) waktu setempat.

Saat masih aktif berakting, seperti ditulis Dewan Perfilman Korea, filmografi Yoon Jeong-hee begitu panjang dan penuh warna sehingga disebut sebagai salah satu bintang film terbaik pada 1960-an.

Hal itu terbukti dengan sekitar 300 judul film telah dibintangi sang aktris pada akhir 1970-an, setelah debut dalam Theatre of Youth pada 1967.

Yoon Jeong-hee juga menikmati popularitas dalam negeri, termasuk bekerja dengan sutradara-sutradara terbaik di Korea.

Namun, ia memutuskan pindah ke Paris untuk belajar, kemudian menikah dengan salah satu pianis terkenal di dunia Paik Kun-woo.

Ia untuk beberapa waktu tidak berakting namun tidak menyatakan pensiun. Pada suatu hari, sutradara Lee Chang-dong yang membawanya kembali berakting dengan membuatnya berperan sebagai Mija dalam film Poetry.

Dalam film yang rilis pada 2010 itu, Yoon Jeong-hee menggambarkan dunia batin yang rumit dari seorang perempuan lembut dan anggun yang telah melucuti kenaifan.

Berkat peran itu, ia menang Best Performance by an Actress Asia Pacific Screen Awards 2010 dan Blue Dragon Movie Awards.

Yoon Jeong-hee juga sempat memenangkan Best Actress dalam Los Angeles Film Critics Association.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *