Jokowi: Turis dari China Akan Berbondong-bondong ke Manado pada Februari

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan bahwa pemerintah membuka pintu pariwisata untuk semua wisatawan asing, termasuk dari China. Bahkan, kata dia, akan ada banyak turis China yang berkunjung ke Manado, Sulawesi Utara (Sulut) pada bulan depan.

“Kita membuka untuk turis semua negara tanpa kecuali, termasuk dari China. Dari Tiongkok, silakan. Dan saya melihat di awal bulan Februari nanti akan berbondong-bondong ramai turis dari Tiongkok akan masuk ke Manado, masuk ke Sulut,” kata Jokowi usai mengunjungi kawasan wisata Bunaken, Sulut, Jumat (20/1/2023).

Dia tak khawatir dengan pembukaan kembali pintu pariwisata untuk turis asing. Jokowi menyebut tidak ada kebijakan isolasi bagi turis asing yang ke Indonesia, meski kasus Covid-19 di China tengah naik.

Menurut dia, turis yang keluar dari China sudah melalui proses pengecekan Covid-19 sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dengan kedatangan wisatawan mancanegara. Selain itu, kata Jokowi, tingkat kekebalan tubuh masyarakat Indonesia sudah di atas 98,5 persen.

“Wisatawan sekali lagi, kita terbuka untuk turis dari mana pun. Tapi yang kita lihat yang akan banyak ini dari China, yang dari Tiongkok dan yang paling penting adalah protokol kesehatan,” kata Jokowi.

Jokowi: Bunaken, Likupang Siap Terima Turis Asing

Jokowi menyampaikan kawasan wisata di Sulawesi Utara seperti, Bunaken dan Likupang siap menerima para turis asing. Dia menyebut homestay atau penginapan untuk turis sudah disiapkan di kawasan wisata Bunaken.

“Ini kita telah perbaiki paling tidak untuk muka-nya sudah kelihatan, homestay untuk turis juga sudah disiapkan. Ada 50 rumah yang telah dibangun pemerintah untuk masyarakat,” ujar Jokowi.

“Kita harapkan turis mancanegara bisa kembali lagi ramai dan masuk ke Manado, ke Sulut, khususnya juga di Bunaken,” sambung Jokowi.

Kendati sudah dibuka untuk wisatawan, kata dia, pemerintah ingin memperbaiki infrastruktur di kawasan wisata di Likupang. Terlebih, Likupang merupakan salah satu destinasi super prioritas yang ditetapkan pemerintah.

“Kawasan (Likupang) itu ingin kita perbaikin infrastrukturnya. Kawasan ekonomi khusus untuk pariwisata juga kita berikan perhatian. Sehingga, Manado Sulut betul-betul jadi sebuah tujuan wisata prioritas, utamanya memang di sini memang turis dari China,” tutur Jokowi.

Jokowi Dijadwalkan Kunjungi Bunaken hingga Pantai Malalayang

Presiden Jokowi melanjutkan rangkaian kunjungan kerjanya di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (20/1/2023). Jokowi diagendakan untuk mengunjungi Kawasan Wisata Bunaken.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi bersama rombongan menuju Dermaga Pulau Bunaken menggunakan Kapal Motor Ultimate Victory dan berangkat dari Dermaga Mega Mas, Kota Manado pada pukul 08.20 Wita.

Dia didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Alfret Denny Djoike Tuejeh, Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol. Setyo Budiyanto, dan Wali Kota Manado Andrei Angouw.

Setibanya di Dermaga Pulau Bunaken, Jokowi akan langsung meninjau Kawasan Wisata Bunaken sekaligus home stay di lokasi tersebut. Setelah itu, dia direncanakan kembali ke Kota Manado dengan Kapal Motor Ultimate Victory.

Selepas salat Jumat, Jokowi diagendakan untuk meninjau Rumah Susun Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara di Kota Manado. Dia juga akan menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian infrastruktur tersebut.

Selanjutnya, Jokowi akan menuju Pantai Malalayang, Kota Manado, untuk meninjau fasilitas kawasan tersebut. Jokowi juga sekaligus akan meresmikan penataan Kawasan Pantai Malalayang dan Ecoutourism Village Bunaken.

 

 

 

 

 

Sumber : Liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *