Resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan, Jokowi: Bisa Kurangi Banjir di Manado

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan yang berada di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Kamis (19/1/2023).

Adapun bendungan yang dibangun sejak 2016 ini memakan anggaran sebesar Rp1,9 triliun.

“Jadi Bendungan Kuwil Kawangkoan ini dibangun sejak 2016. Artinya, sudah 5,5 tahun dibangun dengan anggaran Rp1,9 triliun rupiah,” kata Jokowi saat peresmian sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (19/1/2023).

Menurut dia, bendungan ini memiliki kapasitas tampung sebesar 26 juta metet kubik dengan luas genangan 157 hektare. Jokowi menyampaikan keberadaan bendungan ini salah satunya, untuk mengurangi banjir di Manado.

Jokowi ingat betul bahwa Manado pernah mengalami banjir bandang pada tahun 2014. Sehingga, diharapkan bendungan ini bisa mencegah banjir bandang kembali terjadi di Manado.

Jadi Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro

“Bisa untuk pembangkuit listrik, mengurangi banjir utamanya di Manado dan juga untuk pertanian,” jelasnya.

“Karena ini berada di atas Manado. Sehingga kalau tidak dihentikan di sini airnya bisa lari dan bisa menyebabkan Manado banjir seperti saya ingat pernah 2014 di Manado banjir bandang,” sambung Jokowi.

Selain itu, kata dia, bendungan ini bisa dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro. Bendungan ini disebut mampu menghasilkan tenaga listrik dua kali 0,70 Megawatt.

“Meskipun kecil, tapi bisa jadi pembangkit listrik tenaga mikro hidro,” ucap Jokowi.

 

 

 

 

Sumber : Liputan6.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *