Avatar 2 Salip Spider-Man No Way Home, Jadi Film Terlaris ke-6 Dunia

Posisi Avatar: The Way of Water semakin mantap di box office global. Sekuel film yang baru hadir 13 tahun sejak film pertamanya itu kini sudah menyalip Spider-Man: No Way Home sebagai film terlaris keenam sepanjang masa.

Seperti diberitakan Variety pada Rabu (18/1), Avatar 2 kini telah mengumpulkan US$1,928 miliar dari box office global atau sekitar Rp29,1 triliun (US$1=Rp15.126,50).

Pendapatan itu membuat film terbaru James Cameron menyalip Spider-Man: No Way Home, film yang mengumpulkan US$1,91 miliar ketika tayang di tengah Covid-19 masih masif di dunia.

Sejauh ini, Avatar: The Way of Water telah menghasilkan US$574 juta di Amerika Utara dan US$1,35 miliar dari box office internasional kurang dari enam pekan penayangan di bioskop.

Penghasilan internasional film tersebut tercatat mengesankan karena tidak termasuk pemutaran di Rusia, negara yang sebelumnya memberikan pemasukan US$100 juta untuk film pertamanya.

Performa Avatar: The Way of Water di Jepang juga tak sesuai ekspektasi. Sekitar dua pekan penayangan, film itu belum bisa menguasai box office atau menyalip film lokal, anime The First Slam Dunk.

Namun, Avatar 2 berhasil mengamankan layar di China, salah satu pasar film terbesar di dunia, dan mengumpulkan US$217 juta, disusul dengan box office Prancis (US$123 juta), Jerman (US$108 juta) dan Korea (US$93,6 juta).

Kini, tantangan selanjutnya bagi Avatar 2 adalah US$2 miliar yang jadi tolok ukur hampir mustahil diraih sejak pandemi Covid-19.

Angka itu pula yang sepanjang sejarah hanya dilewati lima film. Tiga teratas ada Avatar (US$2,9 miliar), Avengers: Endgame (US$2,79 miliar) dan Titanic (US$2,2 miliar).

Posisi empat dan lima ditempati Star Wars: The Force Awakens (US$2,06 miliar) dan Avengers: Infinity War (US$2,04 miliar).

Beberapa rekor baru akan tercatat jika Avatar: The Way of Water berhasil mencapai US$2 miliar, seperti itu akan jadi film pandemi pertama yang berhasil mendapatkan angka tersebut.

Tak hanya itu, The Way of Water akan menjadi film ketiga James Cameron yang berhasil meraup lebih dari US$2 miliar setelah Titanic dan Avatar.

The Way of Water merupakan sekuel Avatar yang akhirnya tayang pada pertengahan Desember 2022 atau sekitar 13 tahun dari film pertamanya.

Disney yang kini juga memegang hak atas Avatar setelah mengakuisisi 20th Century Fox pada 2019 telah menghabiskan sedikitnya US$350 juta untuk membuat The Way of Water dan lebih dari US$100 juta untuk memasarkan Pandora.

Sehingga Avatar: The Way of Water menjadi salah satu film termahal yang pernah diproduksi.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *