Negosiasi di Turki, Rusia-Ukraina Sepakati Pertukaran Tahanan

Rusia dan Ukraina pada Rabu 11 Januari 2023 menyepakati pertukaran tahanan baru selama pembicaraan yang jarang terjadi di Turki. Mereka juga membahas pembentukan ‘koridor kemanusiaan’ di zona perang.

Ombudsman hak asasi manusia Ukraina Dmytro Lubinets bertemu rekannya dari Rusia Tatyana Moskalkova di sela-sela konferensi internasional di Ankara yang dihadiri oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Moskalkova mengatakan kepada wartawan setelah pertemuan bahwa mereka telah sepakat untuk menukar “lebih dari 40 tahanan” dari masing-masing pihak.

Lubinets tidak menyebutkan angka dalam komentarnya sendiri kepada wartawan setelah tiga jam pembicaraan.

“Rapatnya belum selesai. Kita lanjutkan,” ujarnya, seperti dikutip AFP, Kamis 12 Januari 2023.

Lubinets dan Moskalkova diharapkan untuk secara resmi bertukar daftar dan kesepakatan potensial lainnya selama pertemuan lain pada Kamis ini.

Ukraina dan Rusia telah menyetujui pertukaran tahanan meskipun pertempuran tak henti-hentinya selama 11 bulan terakhir.

Sebagai anggota NATO, Turki telah menjaga hubungan baik dengan Kyiv dan Moskow sambil mencoba mengatur pembicaraan damai formal.

Dia menjadi tuan rumah dua putaran pembicaraan yang gagal di bulan-bulan pertama invasi Rusia dan kemudian membantu menengahi kesepakatan yang memungkinkan pengiriman biji-bijian Ukraina dilanjutkan melintasi Laut Hitam.

Ombudsman HAM Turki Seref Malkoc membantu menengahi pertemuan hari Rabu.

“Kedua komisaris menyatakan permintaan bersama – untuk membuka koridor kemanusiaan di bawah naungan Recep Tayyip Erdogan, mirip dengan koridor biji-bijian,” ucap Malkoc.

Erdogan kemudian mengatakan, pada konferensi internasional bahwa dia “siap” untuk mengawasi “koridor bagi yang terluka”.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *