Fred White, Drummer Earth Wind & Fire Meninggal Dunia

Fred White, mantan drummer Earth, Wind & Fire, meninggal dunia pada Minggu (1/1) di usia 67 tahun.
Kabar duka ini dilaporkan pertama kali keesokan harinya oleh saudara kandung Fred, Verdine White, yang juga merupakan pemain bas di band tersebut.

“Keluarga dan teman kami yang tersayang. Keluarga kami bersedih hari ini karena kehilangan anggota keluarga kami yang luar biasa dan berbakat, saudara terkasih kami Frederick Eugene ‘Freddie’ White,” tulis Verdine di Instagram.

“Dia bergabung dengan saudara kami, Maurice, Monte, dan Ronald di surga, dan kini bermain drum bersama para malaikat!” tambah Verdine.

Menurut keterangan Verdine, mendiang Fred White merupakan salah satu personel orisinal Earth, Wind & Fire yang awalnya beranggotakan sembilan orang.

Menjadi anak nomor empat dari White bersaudara, Fred dideskripsikan oleh Verdine sebagai seorang “anak berbakat” dalam bermain drum. Fred pun mulai bergabung dengan band funk tersebut saat masih berusia 16 tahun.

“Lebih dari itu, di rumah dan di luar rumah, dia adalah saudara yang luar biasa yang selalu menghibur dan menyenangkan,” tutur Verdine.

“Kami selalu mengandalkan dia untuk membuat segala situasi sulit menjadi lebih ringan! Dia akan tinggal di hati kami selamanya, istirahatlah dengan kuat Freddie tersayang!” sambungnya.

Hingga saat ini, baik Verdine White maupun anggota keluarga lainnya belum menjelaskan lebih lanjut penyebab kematian Fred White.

Fred mulai bermain drum pada usia sembilan tahun. Di usia yang masih muda, ia sudah terlibat dalam album rekaman Donny Hathaway’s Live ketika masih berusia 16 tahun.

Tak lama kemudian, tepatnya pada 1974, Fred bergabung dengan Earth, Wind & Fire, band yang didirikan oleh kakak tertuanya Maurice.

Setahun kemudian, grup ini berhasil meledak di pasaran melalui album That’s the Way of the World yang mendapatkan triple platinum.

Saat itu, Earth, Wind & Fire menjadi salah satu band terlaris sepanjang masa, lewat 90 juta keping album yang berhasil terjual di seluruh dunia.

Single hit mereka seperti September dan Boogie Wonderland pun menjadi beberapa lagu paling sering diputar di layanan streaming mana pun hingga saat ini.

Sepanjang perjalanannya, Earth, Wind & Fire telah berhasil memenangkan enam gelar Grammy dan empat American Music Awards.

Selain itu, band tersebut mendapatkan bintang penghargaan di Hollywood Walk of Fame pada 1994 dan masuk Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 2000.

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *