Jokowi Kembali Ingatkan Jangan Adu Domba di Pemilu 2024

Presiden Joko Widodo mengimbau semua pihak mengutamakan politik adu gagasan pada Pemilu 2024 mendatang.

Dia meminta tak ada pihak mana pun yang memainkan politik adu domba. Jokowi ingin Pemilu 2024 menjadi ajang pemilihan yang berkualitas.

“Kita harus mendorong kampanye berkualitas yang menyehatkan demokrasi kita, optimalkan teknologi informasi, mengedepankan politik adu ide, adu gagasan, bukan politik adu domba,” kata Jokowi pada Konsolidasi Nasional dalam Rangka Kesiapan Pemilu Tahun 2024 di Jakarta, Jumat (2/12).

Jokowi meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mewujudkan hal itu. Menurutnya, KPU perlu melakukan pendidikan politik sedini mungkin kepada pemilih dan peserta pemilu.

Dia yakin KPU bisa melakukan hal itu. Jokowi menyebut KPU punya pengalaman menyelenggarakan pemilu serentak sebelumnya.

“Sejak awal mengajak peserta pemilu yang damai, berintegritas, dan menolak tindakan tak terpuji yang mencederai demokrasi, menyebar fitnah, ujaran kebencian, politik uang, dan lain-lain,” ucapnya.

Sebelumnya, Jokowi juga mengingatkan agar tidak ada yang mengadu domba di Pemilu 2024. Dia menyampaikan itu saat berada di Pontianak pada 29 November lalu.

“Jangan sampai ada yang gesekan. Hindari! Jangan sampai ada yang benturan. Hindari! Jangan sampai ada yang, apalagi mengadu domba. Hati-hati sekali lagi,” kata Jokowi.

Dia menyampaikan hal tersebut usai ramai video relawan meminta persetujuan Jokowi untuk melawan kelompok lain. Terutama mereka yang ingin merong-rong Jokowi.

Hari pemungutan suara Pemilu Serentak 2024 akan digelar 14 Februari 2024. Tahapan persiapan pemilu telah dimulai.

Saat ini, pemilu sedang melakukan verifikasi faktual terhadap partai politik calon peserta pemilu. KPU akan menetapkan peserta Pemilu Serentak 2024 pada 14 Desember 2022.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *