Panglima TNI Jalin Komunikasi dengan Secret Service Rusia Jelang G20

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan tim keamanan negara Rusia telah menjalin komunikasi dengan pihaknya menjelang KTT G20 pada tanggal 15 hingga 16 November 2022.

Hal itu disampaikan Andika usai memimpin apel bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam Operasi Puri Agung 2022 Pengamanan KTT G20 yang digelar Polri di Lapangan Niti Mandala, Renon, Denpasar, Bali, Senin (7/11).

Andika belum bisa memastikan kedatangan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ke Pulau Bali. Namun pihak pengawal khusus atau secret service Rusia sudah menjalin komunikasi menjelang KTT G20.

“Kalau kedatangan saya belum tahu, kan dari pemerintah. Menteri luar negeri juga sudah mengumumkan. Tapi kalau Rusia, secret service, sudah komunikasi dengan kami dan kita sudah akomodasi sejauh mungkin, sehingga harapan kita adalah, tim mereka juga sudah merasa save, karena apa yang dibutuhkan di sini disiapkan,” ujar Andika.

Andika tak bisa berkomentar banyak terkait potensi konflik Rusia dan Ukraina. Dia mengatakan saat ini pihaknya fokus pada pengamanan dan memastikan keberadaan para pemimpin negara yang hadir bisa nyaman dan aman selama mengikuti KTT G20 di Bali.

“Kalau bagi saya, saya ingin fokus ke G20 bahwasanya Kepala Negara hadir, baik yang sudah konfirmasi maupun belum. Pokoknya kita ingin memastikan keberadaan mereka di sini senyaman dan seaman mungkin. Karena kita ingin fokus, penyelenggaraan G20 ini benar-benar bisa dilakukan dengan sukses oleh pemerintah,” ujarnya.

Andika mengatakan pengamanan selama KTT G20 akan melibatkan sebanyak 18.030 personil gabungan dari TNI dan Polri serta instansi lainnya.

“Jadi kami punya 12 Satgas. Salah satunya adalah satgas pengamanan VVIP yang diketuai oleh Komandan Paspampres dan 262 personel BKO ke dalam Satgas pengamanan VVIP. Kemudian, dari instansi lain juga ada yang BKO ke kami. Jadi kita berusaha untuk mengintegrasikan,” imbuhnya.

Sementara untuk pengamanan di laut, TNI menurunkan 13 Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dan di tempatkan atau diparkir di perairan Nusa Dua, Kabupaten Badung, atau di dekat Hotel The Apurva Kempinski, Nusa Dua.

“KRI kita ada 13 dan nanti sore jam 16:00 Wita. Kalau rekan media sempat ke Hotel Apurva dari situ terlihat jelas kami parkir 13 KRI, sedekat mungkin, lego jangkar. Dan mereka tidak bisa terlalu dekat, karena kalau kita justru hadirkan di Pelabuhan Benoa, (Denpasar) malah tidak kelihatan,” ujarnya.

Sementara, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan Operasi Puri Agung 2022 dalam Rangka Pengamanan KTT G20 merupakan bentuk kesiapan Polri untuk mendukung rangkaian pengamanan KTT G20 dengan TNI.

“Dan baru saja kita melaksanakan pengecekan langsung berbagai macam peralatan yang kita miliki. Sehingga masing-masing tentunya memiliki kesiapan pelaksanaan tugasnya. Mulai dari kondisi normal sampai dengan kondisi kontigensi mulai dari pengamanan akhir dan apabila ada permasalahan baik itu unjukrasa kemudian apabila ada ancaman bom bagaimana kita melakukan evakuasi,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, untuk kesiapan sarana-prasarana yang dimiliki apabila diperlukan dan menjadi bagian dari kesiapan Polri untuk kesiapan pengamanan selama KTT G20.

“Tadi, kita bersama-sama dengan Bapak Panglima melakukan pengecekan semuanya. Dan tentunya menjadi bagian proses pengamanan yang kita laksanakan bersama-sama. Dimana Bapak Panglima sebagai ketua dan saya anggota dan tentunya kami siap untuk bersama-sama mendukung pelaksanaan pengamanan KTT G20,” ujarnya.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *