Peringatan Badai Tropis Lisa di Wilayah Honduras dan Belize

Pusat Badai Nasional (National Hurricane Center atau NHC) mengatakan bahwa beberapa bagian Amerika Tengah bersiap untuk mendekati Badai Tropis Lisa minggu ini. Hal ini dikarenakan badai tersebut diperkirakan akan membawa serta kondisi seperti badai yang mencakup gelombang badai yang berbahaya dan hujan lebat.

Lisa menerima namanya pada Senin lalu dan menjadi badai bernama 12 musim badai Atlantik ini. Mengambil angin badai tropis, Lisa diperkirakan akan terus melacak bagian barat melalui Laut Karibia selama beberapa hari ke depan, mendekati pantai utara Honduras pada hari Selasa dan pantai Belize pada hari Rabu, menurut pusat badai.

“Di jalur perkiraan saat ini, Lisa diperkirakan akan mendarat di Belize pada hari Rabu sebagai badai tropis yang kuat atau badai Kategori 1,” ujar NHC, seperti yang dikutip dalam laman CNN, pada Selasa, 1 November 2022.

“Gelombang badai 3 sampai 5 kaki diperkirakan di sepanjang pantai langsung Belize di daerah angin darat dan gelombang 1 sampai 3 kaki diperkirakan untuk Kepulauan Teluk Honduras. Hujan deras juga dapat menyebabkan banjir bandang dari Honduras utara ke utara Semenanjung Yucatan timur,” tambah mereka.

Tidak hanya itu, Lisa juga diperkirakan oleh NHC akan menghasilkan hingga 8 inci hujan di sebagian Belize dan Kepulauan Teluk Honduras. 6 inci hujan diperkirakan akan turun di bagian utara Honduras, Jamaika, Guatemala dan semenanjung Yucatan timur, sementara di Kepulauan Cayman dan Nikaragua timur diperkirakan akan turun hujan hingga 2 inci.

Pusat badai itu juga mengatakan bahwa badai tersebut saat ini memiliki kecepatan angin 45 mph dan bergerak ke barat dengan kecepatan 14 mph. Pusat itu terletak sekitar 320 mil di sebelah tenggara Grand Cayman.

Negara-negara yang diperkirakan akan terkena badai sudah bersiap. Pengawasan badai sekarang berlaku untuk Kepulauan Bay, dan pantai Belize dari utara Puerto Barrios ke selatan Chetumal.

“Pemantauan badai memberi arti bahwa kondisi badai mungkin terjadi di dalam area pengawasan. Pemantauan biasanya dikeluarkan 48 jam sebelum terjadinya angin badai tropis pertama yang diantisipasi, kondisi yang membuat persiapan luar menjadi sulit atau berbahaya,” kata NHC.

Peringatan badai tropis juga berlaku untuk Kepulauan Bay. Pengawasan badai tropis berlaku untuk Jamaika, seluruh pantai utara Honduras, Guatemala dari perbatasannya dengan Honduras hingga Puerto Barrios, dan Meksiko dari Chetumal hingga Punta Herrero.

Kedatangan Lisa datang setelah proyeksi National Oceanic and Atmospheric Administration pada Agustus menyerukan kemungkinan 60 persen dari musim di atas normal.

Saat ini musim telah mencatatkan 12 dinyatakan badai, lima badai dan dua badai besar (Fiona dan Ian). Musim badai Atlantik rata-rata memiliki 14 badai bernama, tujuh badai dan tiga badai besar.

Masih ada satu bulan tersisa dari Musim Badai Atlantik, yang berlangsung dari 1 Juni hingga 30 November .

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *