Visinema Pictures Laporkan 7 Situs Ilegal Pembajak Film Pencuri Raden Saleh

Pihak Visinema Pictures melaporkan tujuh situs ilegal penyedia film Mencuri Raden Saleh bajakan pada Rabu (21/9/2022) ke Polda Metro Jaya.

Beberapa di antara 7 web tersebut bahkan menyediakan rekaman film Mencuri Raden Saleh saat diputar di bioskop.

Pihak Visinema Pictures berharap polisi segera menangkap pelaku pembajakan.

Laporan teregister dengan nomor LP/B/4844/IX/2022/SPKT/POLDA METRO JAYA tertanggal 21 September 2022 dengan korban tertera PT. VISINEMA PICTURES.

Adapun pasal yang dikenakan kepada para terlapor adalah Pasal 9 Jo Pasal 113 UU NO.28 tahun 2014 tentang Hak Cipta dan atau Pasal 32 Jo Pasal 48 UU NO.19 tentang ITE.

Kuasa hukum Visinema Pictures, Muhammad Aris Marabessy, menyayangkan tindakan para pelaku pembajakan film tersebut.

“Pada dasarnya kami datang ke sini karena ada pembajakan film beberapa website yang kami laporkan terkait dengan film Mencuri Raden Saleh,” kata Muhammad saat ditemui di Polda Metro Jaya, Rabu.

“Pembajakannya itu yang bikin miris adalah adanya rekaman langsung dalam bioskop. Makanya hari ini kami lakukan pelaporan,” lanjutnya.

Hal tersebut disinggung oleh Distribution Manager Visinema Pictures Putro Mas Gunawan.

“Kalau teman-teman tahu, beberapa waktu lalu kami melakukan penindakan pada pelaku bernama Aditya terkait pembajakan Keluarga Cemara. Saat ini kami akan melakukan tindakan yang sama terhadap website ini,” ungkap Putro.

Putro menyebut beberapa pemain dalam film Mencuri Raden Saleh juga kecewa atas pembajakan tersebut.

“Saat kami pekerja kreatif membuat karya, yang dibuat oleh ratusan pekerja, ternyata dibajak tentu akan ada rasa kecewa. Itu yang kami rasakan juga, para cast juga merasakan hal yang sama,” lanjut Putro.

Visinema Pictures enggan menempuh jalan damai dalam kasus pembajakan ini.

“Kalau dari Visinema Pictures sendiri inginnya penegakan hukum. Ya, orangnya.. berharap bisa segera ditangkap dan ditahan,” ujar Putro.

Putro tak menampik Visinema Pictures telah mengalami kerugian besar usai film Mencuri Raden Saleh dibajak.

“Pastinya banyak ya, kerugian materilnya. Cuma secara nominal, kami perlu konfirmasi dan hitung-hitunglagi,” tutup Putro.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *