Kondisi Geopolitik Memanas, Indonesia Akan Tetap Jadi Katalis Pemulihan Ekonomi

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan perkembangan persiapan KTT G20 di hadapan forum negara berkembang. Menlu memastikan Indonesia akan tetap menjadi katalis pemulihan ekonomi global di tengah memanasnya kondisi geopolitik.

Hal ini disampaikan Menlu Retno Marsudi di forum Global Governance Group di sela-sela agenda Sidang Majelis Umum PBB di kota New York, Amerika Serikat (AS).

Di hadapan petinggi negara-negara berkembang yang tergabung dalam forum ini, menlu menyampaikan bahwa nanti G20 akan menghasilkan hasil konkret. Hasilnya terutama untuk negara-negara kecil dan negara berkembang.

Menurut Menlu, hasil yang dimaksud mencakup berbagai sektor, seperti kesehatan, digital, dan ekonomi.

“Jadi hari ini banyak sekali pertemuan yang saya lakukan ada 13 jumlahnya saya ingin bagi pertama 3G. 3G itu Global Government Group dan troica G20 biasanya memang diundang untuk memberikan briefing kepada penguji ini mengenai masalah perkembangan G20 dan tadi saya menyampaikan update perkembangan persiapan KTT G20,” ujar Menlu Retno di New York, Rabu 21 September 2022.

“(Dengan) 3G ini bagaimana kita bisa mengakomodir atau dapat berkontribusi, kerja G20 dapat berkontribusi terhadap kepentingan semua island state. Karena isi dari anggota 3G ini sebagian besar adalah small island state dan tadi saya sudah sampaikan persiapannya kemudian apa deliverable yang dibahas di G20 dan sebagainya sudah saya sampaikan,” imbuh Menlu.

Selain itu, dalam forum serupa, menlu juga mengajak negara-negara berkembang agar tidak terjebak dalam kondisi geopolitik yang semakin memanas setahun terakhir, dan indonesia siap melakukan penyesuaian atas kondisi saat ini.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Detik.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *