Menlu Indonesia-India Bahas KTT G20 dan Isu Myanmar

Isu terkait G20 dan situasi di Myanmar menjadi isu utama pertemuan empat mata antara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dengan Menlu India, Dr. S. Jaishankar, di New York City, Amerika Serikat (AS), di sela-sela Sidang Majelis Umum ke-77 PBB pada Senin, 19 September.

Indonesia-India melakukan diskusi mengenai G20 secara reguler, mengingat India akan menerima tongkat presidensi dari Indonesia pada 16 November 2022.

“Diskusi regular ini diperlukan agar terjadi kesinambungan antara satu presidensi dengan presidensi berikutnya,” kata Menlu Retno, dalam keterangan di situs Kementerian Luar Negeri RI, Selasa, 20 September 2022.

“Komunikasi seperti ini penting dilakukan dengan negara-negara anggota G20 agar Presidensi G20 Indonesia dapat menghasilkan kerjasama konkrit yang tidak saja bermanfaat bagi negara anggota, namun bagi dunia,” lanjut Retno.

Dalam pertemuan, Menlu Jaishankar kembali menyampaikan dukungan kuat India terhadap presidensi G20 Indonesia. Mengutip apa yang disampaikan Menlu India, Menlu Retno menyampaikan bahwa kesuksesan presidensi G20 Indonesia akan menjadi awal kesuksesan presidensi India di tahun 2023.

Selain isu G20, kedua menlu juga melakukan tukar pendapat mengenai perkembangan di Myanmar. Indonesia menyampaikan kekecewaan terhadap tidak adanya kemajuan signifikan terkait pelaksanaan 5 Poin Konsensus (5PC) dan berharap India dapat melanjutkan dukungannya terhadap 5PC ASEAN.

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Media Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *