Daftar 3 Titik Demo BBM dan Rekayasa Lalin di Jakarta Hari Ini

Demonstrasi menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) kembali digelar di sejumlah titik di Jakarta hari ini, Senin (12/9).

Polda Metro Jaya menjelaskan unjuk rasa bakal digelar di tiga titik, termasuk yang diadakan oleh Persaudaraan Alumni 212 (PA 212).

“Iya di tiga titik jadi dibagi, konsentrasi utamanya itu di patung kuda dan di MPR-DPR,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan dikutip dari Detikcom.

Zulpan juga menjelaskan setidaknya 6.142 personel gabungan dari Polda Metro Jaya hingga Brimob dikerahkan dalam aksi demonstrasi hari ini. Selain itu, ia mengimbau adanya pengalihan arus di tiga titik yang terimbas demo hari ini.

“Kemudian gini, dalam demo kali ini saya imbau kepada masyarakat dimungkinkan adanya pengalihan arus lalin imbas demo ini,” tutur Zulpan.

“Pengalihan arus lalin itu di tiga titik itu. Pengalihannya mana aja itu saya enggak sebutkan yang penting dilakukan di titik demo itu,” lanjutnya.

Adapun tiga titik hingga estimasi massa demonstrasi pada hari ini meliputi:

1. Patung Kuda (Sekitar 1.885 massa):
– KSPSI (Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia) (1.000 orang)
– Gerakan Nasional Pembela Rakyat (400-750 orang)
– BEM Universitas Azzahra (20 orang)
– Pergerakan Aktivis Nusantara (PAN) (15 orang)
– DPD IMM DKI Jakarta (50 orang)
– GMNI (100 orang)
– Gerakan Mahasiswa Islam Indonesia (GMII) (50 orang)
– Koordinator Pusat BEM Tanah Air (150 orang)
– Komite Masyarakat Jakarta Utara (KOM-JU) (100 orang)

2. Gedung DPR/MPR (105 orang):
– BEM Universitas Azzahra (20 orang)
– Pergerakan Aktivis Nusantara (15 orang)
– Poros Baru Batavia Memanggil (PR BBM) (70 orang)

3. Balai Kota DKI Jakarta (100 orang):
– FSPMI (100 orang)

Ditlantas Polda Metro Jaya menjelaskan pengalihan arus lalu lintas dilakukan mulai pukul 10.00 WIB. Hal tersebut diumumkan melalui akun Twitter resmi TMC Polda Metro, Minggu (11/9).

Pengalihan arus lalu lintas yang direncanakan sebagai berikut:

1. Arus lalu lintas dari arah Bundaran HI menuju Jalan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Budi Kemuliaan atau Jalan Merdeka Selatan.
2. Arus lalu lintas dari arah Tugu Tani menuju Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira (situasional).
3. Arus lalu lintas dari arah Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit/Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Juanda atau ke Jalan Suryopranoto.
4. Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Gajah Mada dialihkan ke Jalan Tanah Abang Satu.

Sejumlah pihak menyatakan bakal melakukan demo di Istana Negara hari ini untuk menyatakan penolakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi yang sudah dilakukan pemerintah.

PA 212 dengan sejumlah ormas Islam lainnya yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pembela Rakyat mengonfirmasi bakal melakukan demo. Selain itu demo juga akan dilakukan mahasiswa.

Pemerintah menaikkan harga BBM subsidi pada 3 September pukul 14.30 WIB. Pertalite naik dari Rp7.650 per liter menjadi Rp10 ribu per liter sedangkan Biosolar menjadi Rp6.800 per liter dari sebelumnya Rp5.150 per liter.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Tribunnews.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *