Heddy Lugito Terpilih Jadi Ketua DKPP RI

Heddy Lugito terpilih sebagai Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI periode 2022-2027.

Adapun pemilihan dilakukan melalui rapat pleno DKPP RI di Gedung DKPP, Jakarta, Kamis 8 September 2022.

Rapat pleno dihadiri oleh seluruh Anggota DKPP, antara lain Ratna Dewi Pettalolo, Muhammad Tio Aliansyah, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Heddy Lugito, J. Kristiadi.

Dalam rapat pleno dilakukan musyawarah untuk memilih Ketua DKPP definitif. Berdasarkan hasil pleno musyawarah memilih dan menetapkan Heddy Lugito sebagai Ketua DKPP sesuai dengan Berita Acara Nomor: BA-017/K.DKPP/SET/01/IX/2022.

“Alhamdulillah sudah terpilih dengan aklamasi sepakat menunjuk saya sebagai ketua DKPP Periode 2022-2027,” ungkap Heddy Lugito di Ruang Sidang Utama DKPP, Jakarta, Kamis (8/9/2022).

Dia menuturkan, agenda utama DKPP ke depan adalah penegakan dan pencegahan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu menjelang Pemilu 2024 yang digelar serentak.

“Ke depan yang akan kita tekankan pada penegakan kode etik. Seminimal mungkin pelanggaran kode etik terutama pada Pemilu Serentak 2024 yang akan datang,” jelas Heddy.

Selain itu, penataan kelembagaan menjadi fokus utama Ketua dan Anggota DKPP Periode 2022-2027, terutama yang menyangkut core bussiness DKPP yaitu pengaduan dan persidangan.

“Kami akan terus melakukan penyempuraan dari apa yang telah diwariskan dari pimpinan sebelumnya,” pungkas Heddy.

Dilantik Presiden Jokowi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik 5 anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) unsur tokoh masyarakat masa tugas tahun 2022-2027. Pelantikan dilakukan di Istana Negara Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Pelantikan berdasarkan Keputusan Presiden RI (Keppres) Nomor 82 P tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu unsur tokoh masyarakat masa tugas tahun 2022-2027.

Kelima anggota DKPP yang dilantik yakni, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Ratna Dewi Pettalolo, Muhammad Tio Aliansyah, Heddy Lugito, dan J. Kristiadi. Jokowi lalu mengambil sumpah jabatan kelima anggota DKPP masa jabatan 2022-2027.

Mereka berjanji akan setia kepada UUD RI tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusanya. Kelima anggota DKPP itu juga berjanji akan menjalankan tugas demi mensukseskan Pemilu 2024.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas dan wewenang akan bekerja dengan sungguh-sungguh, jujur, adil dan cermat demi suksesnya pemilihan umum anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden serta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah,” kata kelima anggota DKPP saat mengucapkan sumpah jabatan, Rabu.

Miliki Peran Strategis

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengatakan, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memiliki peran strategis dalam menyukseskan pemilihan umum atau pemilu. Peran itu dilakukan melalui upaya penegakkan kode etik penyelenggara pemilu.

Hal itu disampaikan Tito saat memberikan sambutan dalam Rapat Koordinasi Nasional Tim Pemeriksa Daerah dan Laporan Kinerja DKPP Tahun 2021, di Hotel Grand Mercure Harmoni, Kamis (16/12/2021) dengan tema “DKPP Mengawal Proses Pemilu 2024 Berkualitas dan Berintegritas”, yang dibacakan oleh Pelaksana tugas (Plt) Staf Ahli Menteri Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik Laode Ahmad P. Bolombo.

“Suksesnya pemilu dan pilkada bukan hanya bersandar pada integritas dan profesionalisme penyelenggara pemilu, baik itu KPU dan Bawasalu saja. Namun (kesuksesan itu juga) berkat DKPP yang terus mengawal kode etik terhadap penyelenggara pemilu,” kata Tito.

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Antaranews.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *