Ma’ruf Amin dan Prabowo Lantik 2.974 Komcad di Bandung Barat

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto resmi melantik 2.974 orang Komponen Cadangan (Komcad) Tahun Anggaran 2022 di Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus), Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Kamis (8/9).

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim pada hari ini Kamis 8 September 2022 penetapan Komcad tahun 2022 saya nyatakan ditetapkan,” kata Ma’ruf saat melantik anggota Komcad yang disiarkan di kanal YouTube Wakil Presiden Republik Indonesia, Kamis.

Turut hadir dalam penetapan Komcad tersebut para panglima tiga matra TNI yakni KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, KSAL Laksamana Yudo Margono, dan KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo. Tak ada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dalam prosesi pelantikan Komcad di Batujajar itu.

Sementara itu, pada penetapan Komcad 2021 silam, dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, Menhan Prabowo, Panglima TNI saat itu yakni Marsekal Jadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, KSAD Jenderal Andika Perkasa, KSAL Laksamana Yudo Margono, dan KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo.

Rincian Komcad yang Dilantik

Total 2.974 orang Komcad tahun 2022 ini telah dilatih di masing-masing matra. Untuk matra darat sebanyak 450 orang dilatih di Rindam II/Sriwijaya, 500 orang di Rindam VI/Mulawarman, dan 500 orang di Rindam XIV/Hasanuddin.

Kemudian 499 orang untuk matra laut Matra Laut dilatih di Kodikmar Surabaya serta 500 orang matra udara di Pusdiklat Kopasgat, Bandung. Selain itu 50 orang dilatih di Pusdik Kowad dan 475 orang Kadet Unhan di Universitas Pertahanan Republik Indonesia.

Anggota Komcad telah mengikuti serangkaian kegiatan, mulai dari pendaftaran secara sukarela, seleksi, pendidikan latihan dasar kemiliteran (latsarmil) di Rindan. Lalu, dirangkai dengan Latihan Pembulatan Komponen Cadangan di Pusdiklatpassus Kopassus, Batujajar, Jawa Barat.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *