Melonjak Tajam, Korban Tewas Gempa di Sichuan Tiongkok 46 Orang

Setidaknya 46 orang tewas dan sejumlah lainnya terluka dalam gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,8 yang melanda provinsi Sichuan, Tiongkok pada Senin kemarin. Gempa terjadi di tengah masyarakat yang berjuang menghadapi penyebaran Covid-19 dan kekeringan lahan.

Gempa di Sichuan, yang terjadi pukul 12.25 waktu setempat, dilaporkan Jaringan Gempa Bumi Tiongkok berlokasi di 29.59 lintang utara dan 102.08 bujur timur dengan kedalaman 16 kilometer.

Dikutip dari India Today, Selasa, 6 September 2022, episentrum gempa berkisar 39 kilometer dari Luding. Terdapat sejumlah desa di radius lima kilometer dari episentrum guncangan.

Mengutip keterangan beberapa pejabat, media lokal Tiongkok melaporkan adanya 46 korban tewas dengan lebih dari 50 yang terluka. Jumlah korban diperkirakan bertambah seiring pergerakan tim penyelamat ke beberapa area terdampak.

Dari total korban tewas sejauh ini, 29 di antaranya berasal dari prefektur otonom Tibet yang meliputi Luding County. Sementara 17 korban tewas lainnya berasal dari Kota Ya’an.

Sebagian besar warga dari total penduduk 21 juta jiwa di Chendu menghabiskan waktu mereka di luar ruangan usai gempa. Guncangan susulan terus terjadi di sana sejak Senin siang kemarin.

Infrastruktur di Chengdu, termasuk fasilitas perairan, kelistrikan, transportasi dan komunikasi, rusak akibat gempa.

Lebih dari 500 personel penyelamat telah dikirim ke pusat gempa. Media pemerintah melaporkan beberapa gempa susulan di daerah terdekat.

“Saya merasakannya dengan sangat kuat,” kata seorang warga Chengdu yang bermarga Chen. “Beberapa tetangga saya di lantai dasar mengatakan mereka merasakannya dengan sangat jelas,” sambungnya.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Paperplane

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *