Mengenal The Spouse, Ada Andil Joko Anwar dan Umumkan Vakum

Grup musik The Spouse yang digawangi Tony Merle featuring Aimee Saras turut menjadi perhatian usai mengisi original soundtrack dari Film Pengabdi Setan 1 dan 2.

Adapun beberapa lagu-lagu The Spouse yang dijadikan OST Pengabdi Setan ialah “Kelam Malam” dan “Rahasia Dendam”.

Kompas.com berkesempatan berbincang-bincang dengan personelnya, Tony Merle. Di situ Tony membeberkan awal terbentuk The Spouse hingga mengumumkan vakum sampai dengan waktu yang belum ditentukan.

The Spouse rupanya terbentuk pada 2015 silam, yang mana saat itu mengisi original soundtrack dari film A Copy of My Mind karya sutradara Joko Anwar.

Awalnya nama The Spouse tercetus dari Bembi, personel grup band Sore.

“Jadinya cari nama, Bembi tuh yang ngomong kalau The Spouse aja, oh ya sudah iya. Dan memang enggak sengaja tercetus dari Bembi. Dan Si Abang (Joko Anwar) juga setuju nama itu,” kata Tony Merle saat ditemui Kompas.com di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan baru-baru ini.

Kemudian The Spouse mengeluarkan single mereka berjudul “One Moon-Lit Night” untuk film A Copy of My Mind. Dari sini lah perjalanan The Spouse di industri musik di mulai.

“Dan paling banyak film Bang Joko (Anwar), karena memang balik lagi, yang ngebuka akhirnya jadinya The Spouse ya Bang Joko. Jadi enggak bisa lupa dari Bang Joko, karena Bang Joko yang bantu dan bentuk The Spouse,” tutur Tony.

Seiring berjalannya waktu, The Spouse akhirnya mulai dikenal lewat OST Pengabdi Setan lewat singel “Kelam Malam” hingga yang terbaru “Rahasia Dendam”.

Dari sini pula, Tony berujar, bahwa banyak yang mencap grup musik ini menghasilkan karya berbau mistis. Namun anggapan itu dibantah oleh Tony.

“Banyak yang suka bilang musik-musik (The Spouse) dengan genre yang mistis. Kita sempat diinterview salah satu media dibilang gitu, nyiptain lagunya harus pakai sesajen atau apa,” ungkap Tony.

Tony juga menyebut lagunya terdengar creepy atau menakutkan saat disematkan dalam sebuah film.

“Sebenarnya enggak (sampai segitunya). Kita bikin aja dengan yang kita suka, lagu cinta-cintaan, lagu suka gundah gulana, bikin aja. Nyiptaain karya biasa aja,” tutur Tony Merle.

Sayangnya setelah hampir tujuh tahun berjalan, The Spouse melalui Tony mengumumkan vakum sampai dengan waktu yang belum ditentukan.

The Spouse resmi vakum setelah menyelesaikan OST Pengabdi Setan 2: Commuion yang berjudul “Rahasia Dendam”.

“The Spouse sendiri belum saat ini, belum ada lagi. Abis ngerjain (lagu) Pengabdi Setan 2, jadinya masih stop dulu. Bisa dibilang vakum mungkin ya,” kata Tony seraya tertawa.

Adapun alasan The Spouse memutuskan vakum lantaran kesibukan Tony di industri musik. Bahkan ia sedikit memberi sinyal bahwa bisa jadi “Rahasia Dendam” menjadi karya terakhir The Spouse.

“Makanya, apakah The Spouse itu masih ada atau enggak, belum tahu. Makanya, ini kayaknya interview terakhir sepertinya (untuk The Spouse)” kata Tony yang kembali tertawa.

“Ini juga bisa menjadi sebuah pertanyaan The Spouse masih ada atau enggak nantinya. Seperti langkahnya Pengabdi Setan, bakal ada yang ketiga enggak sih? Itu masih tanda tanya,” ujarnya lagi.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *