Jokowi Bertemu Xi Jinping di Beijing Hari Ini

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memulai pertemuan dengan Presiden China Xi Jinping dan Perdana Menteri Li Keqiang Selasa (26/7) ini di Beijing.

“Hari ini, saya memulai lawatan di RRT [China] dengan agenda pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri [ China Li Keqiang] dan Presiden RRT [Xi Jinping],” kata Jokowi dalam pernyataan Twitter.

Dalam pertemuan itu, Jokowi bakal membahas penguatan kerja sama bilateral, khususnya di bidang ekonomi.

Jokowi, Ibu Iriana Jokowi, dan rombongan mereka tiba di Beijing pada pukul 22.00 waktu setempat. Jokowi dan Iriana menginap di Diaoyutai State Guesthouse.

Sebelumnya, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin menyatakan kunjungan Jokowi ke China menunjukkan betapa penting hubungan China dan RI.

Wang menuturkan lawatan Jokowi hari ini menjadi kunjungan pertama pemimpin negara asing ke China sejak Februari lalu kala Beijing menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin.

“Presiden Xi Jinping akan mengadakan pembicaraan dengan Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Li Keqiang. Mereka akan berdiskusi dan bertukar pandangan mendalam soal hubungan bilateral dan isu-isu utama regional dan internasional,” ucap Wang dalam jumpa pers rutin Kemlu China di Beijing pada Jumat pekan lalu.

Kunjungan Jokowi ke China merupakan bagian dari lawatan kenegaraan Presiden ke tiga negara Asia Timur. Setelah ke China, Jokowi akan mengunjungi Jepang dan Korea Sekatan pekan ini.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *