Kebakaran Hutan Oak Fire di California Meluas, Ribuan Warga Dievakuasi

Kebakaran hutan di California, Amerika Serikat (AS) terus meluas dan menghanguskan ribuan hektare lahan serta memaksa evakuasi warga sekitar di tengah gelombang panas yang telah memecahkan rekor temperatur udara.

Lebih dari 2.000 petugas pemadam dengan dibantu 17 helikopter telah dikerahkan untuk memadamkan kebakaran hutan bernama Oak Fire, yang pertama kali berkobar pada Jumat kemarin di dekat Taman Nasional Yosemie.

Namun dua hari usai kobaran itu muncul, Oak Fire telah menghanguskan lebih dari 5.756 hektare lahan dan belum dapat dikendalikan sama sekali, menurut keterangan Departemen Kehutan dan Perlindungan Kebakaran California (CAL FIRE) pada Minggu, 24 Juli 2022.

Pihak departemen menambahkan bahwa gelombang panas ditambah dengan kelembapan yang rendah “mengganggu” upaya pemadaman sepanjang hari Minggu.

“Kondisi kekeringan ekstrem telah berujung pada level kelembapan kritis,” ujar CAL FIRE, dilansir dari TRT World, Senin, 25 Juli 2022.

Kebakaran Eksplosif

Dideskripsikan sebagai kebakaran “eksplosif” oleh para pejaba setempat, Oak Fire telah meninggalkan abu serta kendaraan dan properti yang hangus terbakar di sepanjang jalur yang dilaluinya. Sementara petugas gabungan berusaha mengevakuasi warga dan melindungi infrastruktur yang masih bisa diselamatkan.

Sejauh ini, kebakaran hutan Oak Fire telah menghancurkan 10 properti dan merusak lima lainnya. Ribuan bangunan di California juga berada di bawah ancaman Oak Fire.

“Lebih dari 6.000 orang sudah dievakuasi,” kata Hector Vasquez, seorang pejabat CAL FIRE.

“Kebakarannya terlihat seperti ada di atas rumah, dan bergerak ke arah kami dengan begitu cepat,” kata seorang perempuan yang dievakuasi petugas, Lynda Reynolds-Brown, kepada media KCRA.

Gubernur California Gavin Newsom telah mendeklarasikan status darurat untuk Mariposa County pada Sabtu kemarin. Status darurat dideklarasikan karena situasi di daerah tersebut membahayakan nyawa serta properti masyarakat.

Dalam beberapa tahun terakhir, California dan sejumlah wilayah lainnya di AS bagian barat telah dilanda kebakaran hutan berskala masif. Menurut para ilmuwan, kondisi ini terjadi akibat kekeringan berkepanjangan yang merupakan salah satu dampak perubahan iklim.

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *