Lepas Jemaah Kembali ke Tanah Air, Kemenag Minta Maaf

Wakil Menteri Agama sekaligus Naib Amirul Hajj Zainut Tauhid Sa’adi melepas jemaah haji dari Solo atau SOC-1 yang akan kembali ke Tanah Air. Pesawat yang membawa jemaah akan terbang pada 15 Juli 2022 pada pukul 05.10 waktu Arab Saudi dan tiba di Tanah Air pukul 22.15 WIB.

Dia pun meminta maaf kepada jemaah yang selama 42 telah mengikuti proses ibadah haji di tanah suci.

“Kami Kementerian Agama menyampaikan permohonan minta maaf jika selama di tanah suci, mungkin ada kurang maksimal mestipun kami dalam hal ini sudah menyiapkan sebaik baiknya tapi pasti ada kekurangannya,” kata Zainut saat pelepasan jemaah di Hotel Al Kiswah, Kamis (14/7/2022), malam.

“Dari penyampaian, jemaah haji Indonesia mereka menyampaikan sangat puas tapi lagi lagi ekspektasi belum sampai kita harapkan, ini tentu banyak hal bukan hanya kesiapan kami tapi juga penyelenggaran di tanah suci,” imbuh Zainut.

Persiapan Haji 2023

Dia mengatakan, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas telah menyampaikan agar setelah selesai penyelenggaraan ibadah haji 2022 kita diminta untuk langsung persiapkan ibadah haji 2023.

Tujuannya agar persiapan lebih matang, lebih baik dan bisa lebih bisa mengantispasi berbagai kemungkikan jika ada perubahan perubahan.

Sementara itu, 360 jemaah haji yang berasal dari SOC 1 dilepas ke Tanah Air menuju Bandara Internasional King Abdul Aziz pada Kamis (14/7/2022) malam. Jemaah dari SOC-1 rencananya terbang 05.10 waktu Arab Saudi dan tiba di Tanah Air pukul 22.15 WIB.

Menyusul

Selanjutnya adalah jemaah asal Padang (PDG) kloter 1 dengan jumlah 393 orang yang menyusul diberangkatkan pulang ke tanah air.

Jemaah asal Padang rencananya akan terbang menuju tanah air pukul 07.10 Wakti Arab Saudi, Jumat, 15 Juli 2022.

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *