Pemakaman Dimulai, Jasad Eks PM Jepang Shinzo Abe Dikremasi Hari Ini

Proses pemakaman mendiang mantan perdana menteri Jepang, Shinzo Abe, dimulai hari ini, Selasa (12/7).

Mobil jenazah akan membawa jasad PM Jepang dengan masa jabatan terpanjang itu dari rumah duka di Kuil Zojoji, Tokyo, ke Aula Pemakaman Kirigaya untuk dikremasi.

Media lokal Asahi Shimbun melaporkan jasad Abe akan digiring melewati markas besar Partai Demokrat Liberal (LDP), Kantor Perdana Menteri, gedung parlemen Jepang, sebelum tiba di aula pemakaman.

Di kantor PM Jepang, para staf perdana menteri akan berdiri di luar untuk memberi penghormatan terakhir kepada sang politikus LDP.

Mobil tamu-tamu pelayat tiba di Kuil Zojoji untuk menghadiri pemakaman Abe. Tamu yang bisa hadir terbatas pada anggota keluarga dan orang-orang dekat Abe, menurut lembaga penyiaran NHK.

Acara pemakaman akan dipimpin langsung oleh sang istri, Akie Abe, menurut laporan CNN.

Di luar kuil, warga Jepang dari semua lapisan masyarakat berkumpul untuk memberikan penghormatan kepada Abe.

Banyak yang membawa karangan bunga, catatan, teh hijau (simbol bantuan di akhirat), hingga jus semangka yang merupakan minuman favorit Abe sebagai bentuk duka dan sedih mendalam kehilangan pemimpin Jepang yang dekat dengan rakyat.

Segera setelah dinyatakan meninggal dunia pada Jumat (8/7), jasad Abe disemayamkan di rumah duka kuil Zojoji. Sejak itu, rumah duka tak pernah sepi pelayat.

Berbagai pejabat tinggi hingga pejabat asing seperti Menteri Luar Negeri dan Menteri Keuangan Amerika Serikat, hingga Wakil Presiden Taiwan turut melayat ke kuil itu.

Di luar kuil, ribuan warga juga melakukan penghormatan terakhir dengan menyimpan karangan bunga di altar memorial yang memajang foto Abe.

“Saya sangat sedih seorang perdana menteri yang telah mendedikasikan dirinya untuk Jepang tewas dengan cara seperti ini,” kata Naoya Okamoto, seorang pekerja konstruksi, dikutip AFP.

Okamoto sengaja meluangkan waktu untuk melayat sang PM Jepang dengan masa jabatan terpanjang itu.

“Dia merupakan perdana menteri yang membuktikan kepada dunia Jepang adalah negara yang kuat sekali lagi,” papar Okamoto mengenang Abe.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *