Partai Konservatif Inggris Umumkan Pengganti Boris Johnson 5 September

Partai Konservatif yang memiliki suara mayoritas di parlemen Inggris menyatakan perdana menteri baru akan diumumkan pada 5 September mendatang.

Perdana menteri baru itu akan menggantikan Boris Johnson yang baru saja mengundurkan diri.

“Kami perlu memastikan ada waktu yang cukup sebelum keputusan diumumkan pada 5 September mendatang,” kata ketua Komite 1922 yang berpengaruh di Partai Konservatif, Graham Brady mengutip AFP, Selasa (12/7).

Sebelumnya, Boris Johnson mengundurkan diri dari jabatan Perdana Menteri Inggris pada 7 Juli lalu. Pengunduran dirinya didahului oleh sejumlah menteri yang mundur beberapa hari sebelumnya.

Meski demikian, Boris akan tetap memimpin pemerintahan hingga ada perdana menteri baru.

“Saya akan tetap bekerja sampai ada pemimpin baru,” ujar Johnson dalam pidato pengunduran dirinya.

Nantinya, Partai Konservatif akan menggelar pemilihan untuk menentukan ketua partai berikutnya. Ketua partai itu yang nanti bakal menjadi perdana menteri.

Menteri Luar Negeri Inggirs, Liz Truss maju menjadi calon perdana menteri menggantikan Boris JOhnson. Dia akan bersaing dengan 11 calon lainnya.

Adapun sejumlah calon perdana menteri Inggris yang akan menghadapi pemilihan antara lain Menteri Perdagangan Inggris, Penny Mordaunt, Menteri Transportasi Grant Shapps, Menteri Keuangan Nadhim Zahawi, mantan menteri Jeremy Hunt, eks Menteri Kesehatan Sajid Javida, serta mantan Menteri Keuangan Rishi Sunak.

Liz Truss dan Rishi Sunak menjadi calon terkuat. Sunak merupakan menteri pertama di kabinet yang mendesak Boris Johnson mundur dari jabatannya. Sunak pun menteri pertama yang mengundurkan diri lalu disusul sembilan menteri lainnya.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : MSN

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *