Arab Saudi Siapkan Pelayanan Kualitas Tinggi untuk Jemaah Haji Tahun Ini

Pengurus Masjidil Haram dan Masjid Nabawi atau Haramain mengumumkan 10 ribu pekerja laki-laki dan perempuan untuk melayani jemaah yang datang beribadah haji. Presidensi Haramain mengonfirmasi kesiapan mereka untuk menerima 1 juta jemaah dari seluruh dunia.

Kepala Presidensi Umum Haramain, Sheikh Abdulrahman Al-Sudais meluncurkan rencana tersebut di hadapan Menteri Haji dan Umrah, Tawfiq Al-Rabiah, dan Direktur Direktorat Jenderal Keamanan Publik, Letnan Jenderal Mohammed Abdullah Al-Bassami.

Untuk menyambut kedatangan jemaah haji asing pertama dalam dua tahun terakhir, Arab Saudi menyiapkan layanan yang beragam demi memfasilitasi ibadah dan memperkaya pengalaman mereka di sana.

Al-Sudais mengatakan, kepresidenan telah menerapkan standar tertinggi perlindungan lingkungan terkait infeksi covid-19 dalam layanan yang diberikan di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

“Alhamdulillah, dipastikan dua musim haji selama dua tahun terakhir bebas dari kasus epidemi di dalam Dua Masjid Suci, mengingat lingkungan Masjidil Haram adalah yang paling steril di seluruh dunia,” katanya dilansir dari Arab News, Selasa, 21 Juni 2022.

Ia memastikan semua layanan dan program haji akan ditindaklanjuti setiap menitnya untuk memastikan kualitas tertinggi kegiatan tahunan ini. Pemantauan akan dilihat lewat serangkaian indikator yang diawasi kepresidenan sepanjang waktu.

Al-Sudais menjelaskan, Presidensi Haramain meluncurkan aplikasi pintar dan platform elektronik yang memfasilitasi dan memperkaya pengalaman pengunjung. Kini, sudah lebih dari 160 juta orang menerima layanan digital itu.

Di Masjid Nabawi, presidensi telah mengalokasikan Gerbang Raja Abdulaziz, Gerbang Raja Fahd, dan Gerbang Bab Al-Salam untuk masuknya jemaah dan pengunjung. Sedangkan di Masjidil Haram, kepresidenan telah mengalokasikan sebanyak 144 gerbang untuk masuknya jemaah.

Saat ini, serambi luar di Masjidil Haram sudah dioperasikan secara penuh. Serambi luar akan diperuntukkan sepenuhnya bagi jemaah.

Sementara, beberapa ruang ibadah khusus di bawah tanah dan lantai pertama akan digunakan untuk melakukan ibadah Tawaf.

Selain itu, mereka juga tengah berupaya untuk mendistribusikan 3 juta botol air Zamzam dalam sehari di Masjidil Haram dan 1 juta botol Zamzam di tempat-tempat suci lainnya.

Haramain juga telah menyiapkan 2.000 kendaraan listrik untuk melayani orang tua dan penyandang disabilitas. Khotbah Arafah juga akan diterjemahkan ke dalam 10 bahasa berbeda.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *