Perdalam Pengertian Toleransi, Yenny Wahid Raih Penghargaan dari Menlu Jepang

Direktur Wahid Foundation, Yenny Zannuba Wahid menerima penghargaan dari Menteri Luar Negeri Jepang periode 2021. Penghargaan pun diberikan oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi pada 16 Juni 2022.

Putri dari Presiden Keempat Republik Indonesia Abdurrahman Wahid ini dianggap memiliki kontribusi penyebaran informasi atau pertukaran pendapat di Jepang.

“Melalui penyebaran informasi atau pertukaran pendapat di Jepang, Ibu Yenny telah memperdalam pengertian dan pemahaman berbagai pihak di Jepang atas toleransi dan sifat moderat yang mewarnai komunitas muslim di Indonesia serta pentingnya usaha-usaha untuk mewujudkan masyarakat yang moderat,” ucap Dubes Kanasugi dalam pidatonya, seperti dikutip dari keterangan tertulis Kedubes Jepang yang diterima Medcom.id, Jumat 17 Juni 2022.

“Dengan demikian, beliau telah berkontribusi dalam mendorong saling pengertian antara Jepang dan Indonesia. Selain itu, beliau juga berkontribusi dalam memperlancar pelaksanaan proyek antiekstrimisme yang disertai dengan kekerasan yang didukung oleh pemerintah Jepang,” imbuh Dubes Kanasugi.

Yenny sendiri mengatakan merasa terhormat dan menyampaikan harapannya agar pertukaran dan pergertian antara kedua negara, Jepang dan Indonesia, semakin meluas dan mendalam ke depannya.

Yenny Wahid menduduki posisi Direktur Wahid Foundation, sejak lembaga tersebut didirikan tahun 2004 dengan tujuan untuk mempromosikan demokrasi, pluralisme, multikulturalisme, dan toleransi dalam masyarakat Islam berdasarkan pandangan yang moderat.

Secara khusus, sejak tahun 2015, dirinya dianggap telah berkontribusi dalam mempromosikan hubungan persahabatan antara Jepang dan Indonesia melalui sejumlah kesempatan kunjungan ke Jepang, termasuk untuk memenuhi undangan dari The Japan Foundation, atau juga melalui kerjasama beliau terkait proyek penanggulangan radikalisme yang disertai dengan kekerasan yang diprakarsai oleh UN Women dengan pendanaan dari pemerintah Jepang sejak 2017.

Hal ini juga berdampak untuk mempromosikan saling pemahaman antara Jepang dan Indonesia, serta turut membantu upaya kerjasama internasional Jepang melalui proyek Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), sehingga berkontribusi dalam mempromosikan hubungan persahabatan Jepang dan Indonesia.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *