Menlu ASEAN-India Lakukan Pertemuan, Tinjau Status Kemitraan

India menjadi tuan rumah bagi Menteri Luar Negeri dan Sekretaris Jenderal ASEAN untuk Pertemuan Khusus Menteri Luar Negeri ASEAN-India (SAIFMM) pada 16-17 Juni 2022. Pertemuan ini juga untuk memperingati 30 tahun Hubungan Dialog ASEAN-India.

Sebagai pengakuan atas tonggak sejarah ini, tahun 2022 diperingati sebagai Tahun Persahabatan ASEAN-India sebagaimana diumumkan oleh para pemimpin ASEAN dan India pada KTT ASEAN-India ke-18 pada Oktober 2021.

SAIFMM diketuai oleh Dr. S. Jaishankar, Menteri Luar Negeri India dan Dr. Vivian Balakrishnan, Menteri Luar Negeri Republik Singapura. Pertemuan juga dihadiri oleh Menlu Brunei, Kamboja, Indonesia, Malaysia, Vietnam dan perwakilan Menlu dari Laos, Filipina, dan Thailand beserta Sekjen ASEAN.

“Para Menteri meninjau status Kemitraan ASEAN-India dan menetapkan jalan untuk dekade mendatang,” pernyataan Kementerian Luar Negeri India, yang dikutip dari situs resminya, Kamis 16 Juni 2022.

“Diskusi mencakup area fokus utama covid-19 & Kesehatan, Perdagangan, Konektivitas – fisik dan digital, Pendidikan & Peningkatan Kapasitas, serta implementasi Pernyataan Bersama ASEAN-India tentang Kerjasama tentang Outlook ASEAN tentang Indo-Pasifik ( AOIP). Para Menteri juga bertukar pandangan tentang perkembangan penting regional dan internasional serta pemulihan ekonomi pascapandemi,” imbuh pernyataan itu.

Rapat dengan suara bulat menyetujui Pernyataan Wakil Ketua, para Menlu ASEAN dan Sekjen ASEAN juga mengunjungi Perdana Menteri, Shri Narendra Modi.

Dalam kunjungan ini, Menlu ASEAN, Sekjen ASEAN dan Perwakilan Menlu beserta Dr. Jaishankar juga menyampaikan pidato Delhi Dialogue (DDXII) edisi ke-12 yang berfokus pada 30 tahun hubungan ASEAN-India. dengan tema ‘Membangun Jembatan di Indo-Pasifik’.

Diluncurkan pada tahun 2009, Dialog Delhi adalah Dialog Track 1.5 tahunan utama India, yang bertujuan untuk memperkuat hubungan ASEAN-India dalam konteks skenario global dan regional kontemporer.

Secara keseluruhan, pertemuan diadakan dalam suasana persahabatan dan kerja sama dan menggarisbawahi pentingnya hubungan India dengan ASEAN, sebagaimana dicontohkan melalui Kebijakan Bertindak Timur dan sentralitas ASEAN dalam visinya untuk Indo-Pasifik yang lebih luas.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *