Beijing Umumkan Tiga Putaran Tes Massal Covid-19

Distrik terpadat di kota Beijing, Chaoyang, mengumumkan tiga putaran tes massal untuk membendung wabah “ganas” Covid-19 yang dikaitkan dengan sebuah bar dan area perbelanjaan. Wabah terbaru ini muncul tak lama usai Beijing, ibu kota Tiongkok, melonggarkan pembatasan Covid-19.

Otoritas kesehatan Beijing mengatakan bahwa 166 kasus terkonfirmasi saat ini terkait dengan wabah yang dimulai di bar Heaven Supermarket di area Sanlitun pada Kamis pekan kemarin.

Dikutip dari The New Daily, Minggu, 12 Juni 2022, tiga putaran tes massal Covid-19 ini akan berlangsung di distrik Chaoyang mulai Senin besok hingga Rabu mendatang.

Terlepas dari kemunculan wabah terbaru ini, total jumlah kasus dan kematian akibat Covid-19 di Tiongkok jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia.

Di saat banyak negara sudah mulai melonggarkan pembatasan, otoritas Tiongkok masih bersikeras menerapkan kebijakan “nol Covid” dalam menangani pandemi. Tiongkok tetap yakin mampu menekan jumlah kasus hingga menyentuh angka nol.

Menurut para ilmuwan di banyak negara, hal semacam itu tidak realistis karena Covid-19 tak mungkin bisa hilang sepenuhnya.

Sabtu kemarin, Pemerintah Kota Shanghai di Tiongkok resmi memulai putaran baru tes massal Covid-19 untuk hampir semua 25 juta penduduknya. Tes massal kali ini bertujuan mengendalikan wabah Covid-19 yang diasosiasikan dengan sebuah salon kecantikan di kota tersebut.

Otoritas Shanghai telah memerintahkan tes PCR untuk warga di 15 dari 16 distrik pada akhir pekan ini. Selama tes berlangsung, warga di lima distrik dilarang meninggalkan rumah mereka.

Putaran baru tes massal Covid-19 ini berlangsung hanya 10 hari usai Shanghai mencabut kebijakan penguncian (lockdown) ketat yang telah diberlakukan selama lebih kurang dua bulan.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *