Emas Dunia Curi Panggung Kemenangan dari Dolar AS

Harga emas dunia naik pada akhir perdagangan Selasa waktu setempat (Rabu pagi WIB), terangkat oleh pelemahan dolar AS karena membaiknya sentimen pasar mendorong permintaan untuk mata uang berisiko lebih tinggi. Namun keuntungannya dibatasi meningkatnya ekspektasi lebih banyak kenaikan suku bunga di AS dan Eropa.

Mengutip Antara, Rabu, 8 Juni 2022, kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Agustus di divisi Comex New York Exchange, terangkat USD8,4 atau 0,46 persen menjadi USD1.852,10 per ons, menghentikan kenaikan dua hari berturut-turut.

Emas berjangka tergelincir USD6,5 atau 0,35 persen menjadi USD1.843,70 pada Senin, 6 Juni, setelah merosot sebanyak USD21,2 atau 1,13 persen menjadi USD1.850,20 pada Jumat, 3 Juni, kerugian harian terbesar dalam waktu sekitar tiga minggu.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama saingannya turun 0,13 persen menjadi 102,3080. Sementara euro, komponen terbesar dari indeks, reli karena investor menunggu pertemuan kebijakan utama oleh bank sentral Eropa (ECB) akhir pekan ini.

Bank sentral Eropa akan menurunkan keputusan kebijakannya pada Kamis, 9 Juni, dan diperkirakan bergabung dengan rekan-rekan bank sentral global dalam bergerak untuk menekan inflasi.

Kenaikan lebih banyak

Di Asia Pasifik, bank sentral Australia (RBA) menaikkan suku bunga lebih dari yang diperkirakan pada Selasa, 7 Juni, dan memperingatkan kenaikan lebih banyak karena para pejabat mencoba mengendalikan inflasi yang dinilai tinggi secara signifikan.

Investor sedang menunggu data inflasi AS untuk Mei yang akan keluar pada Jumat, 10 Mei, karena kekhawatiran inflasi meningkat untuk petunjuk tentang jalur kenaikan suku bunga. Laporan pekerjaan minggu lalu meningkatkan ekspektasi pengetatan lanjutan oleh Federal Reserve AS.

Adapun logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Juli naik sebanyak 8,6 sen atau 0,39 persen menjadi USD22,178 per ons. Sedangkan platinum untuk pengiriman Juli turun sebanyak USD17,1 atau 1,66 persen menjadi USD1.012,9 per ons.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Tribun

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *