Gunung Berapi Bulusan di Filipina Semburkan Abu Vulkanik, Warga Dievakuasi

Sebuah gunung berapi di Filipina timur menyemburkan abu vulkanik dalam jumlah besar pada Minggu, 5 Juni 2022. Warga sekitar pun dievaskuasi di tengah kekhawatiran akan adanya erupsi yang lebih intens.

Semburan abu vulkanik dari gunung berapi Bulusan di provinsi Sorgoson berlangsung sekitar 17 menit. Menurut keterangan Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs), abu vulkanik Bulusan menyembur ke udara hingga setinggi satu kilometer.

Merespons kejadian ini, otoritas Sorgoson memberlakukan status siaga 1 dari level maksimal 5, yang artinya adalah “risiko level rendah.”

“Telah terjadi sebuah erupsi freatik di gunung berapi Bulusan, yang artinya erupsi ini diakibatkan air mendidih di bawah kawah,” kata kepala Phivolcs Renato Solidum kepada radio lokal DZBB dan dikutip oleh The Straits Times.

Phivolcs mengatakan bahwa abu vulkanik melanda dua kota di Sorgoson, yang berlokasi sekitar 500 kilometer dari ibu kota Manila. Sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa maupun luka.

Di kota Juban, dua desa mengalami “nol visibilitas” karena abu yang sangat tebal. Sebuah mobil dinas pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi untuk memulihkan jarak pandang.

“Evakuasi berlangsung di sana, tapi prioritas kami adalah menolong orang lanjut usia dan mereka yang mengidap asma,” sebut staf kantor kebencanaan Juban, Dennis Despabiladeras.

Pihak bandara Manila mengonfirmasi bahwa erupsi Bulusan tidak berdampak pada penerbangan. Namun pilot dari semua maskapai diminta waspada saat terbang di dekat Sorgoson.

Otoritas Filipina memperingatkan warga bahwa radius empat kilometer dari gunung berapi Bulusan adalah area terlarang. Warga di sekitar Bulusan juga diminta waspada karena erupsi freatik susulan dapat terjadi lagi.

Gunung berapi Bulusan berstatus aktif dalam beberapa tahun terakhir, dan puluhan erupsi serupa pernah terjadi antara tahun 2016 dan 2017.

Filipina, negara dengan 20 gunung berapi aktif, terletak di wilayah seismik Cincin Api atau Ring of Fire.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *