KPK Lantik 9 Pejabat Tinggi, Termasuk Direktur Penyidikan dari Polri

Sekretaris Jenderal Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Cahya Hardianto Harefa melantik sembilan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Kepala Cabang Rumah Tahanan, Kamis (2/6). Satu di antaranya ialah Direktur Penyidikan asal Polri.

Dalam sambutannya, Cahya meminta para pegawai baru lembaga antirasuah untuk bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Saya meminta agar para pejabat yang dilantik hari ini terus melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi guna meningkatkan kinerja dan pelayanan secara maksimal,” ujar Cahyadi Aula Gedung Merah Putih KPK, Kamis (2/6).

Cahya juga berpesan agar para pegawai baru mampu menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat dengan baik dan menjalankan peran sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Pelantikan turut disaksikan oleh Anggota Dewan Pengawas KPK Indriyanto Seno Adji, Komisioner Pokja Pengawasan Bidang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Wilayah I Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) diwakili oleh Supranawa Yusuf selaku Ketua Panitia Seleksi (Pansel) JPT Pratama dan Madya KPK, serta Staf Ahli Bidang Administrasi Negara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Herman.

Cahya berujar pelantikan sembilanPejabat Pimpinan Tinggi Pratama merupakan hasil dari seleksi terbuka yang diselenggarakan KPK melalui Pansel, dimulai dari tahap pengumuman pada 14 Februari 2022 sampai dengan tahap akhir pada 28 April 2022.

Proses seleksi mencakup tahap administrasi, penulisan makalah/policy brief, asesmen kompetensi manajerial dan sosial kultural, pemeriksaan kesehatan, pemaparan makalah dan wawancara, hingga pengumuman hasil seleksi, dan pelantikan pada hari ini.

Cahya mengklaim proses seleksi terbuka telah dijalankan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku tentang Aparatur Sipil Negara, KPK, dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, serta telah berkoordinasi dengan KASN.

“Terima kasih dan apresiasi kepada Pansel dan berbagai pihak yang telah terlibat dalam seleksi ini, sehingga terpilih kandidat-kandidat terbaik sesuai keahliannya masing-masing,” pungkas Cahya.

Mereka yang dilantik yaitu:

1. Direktur Penyidikan Asep Guntur Rahayu, dari Kepolisian RI;
2. Direktur Bidang Koordinasi dan Supervisi Wilayah IV Elly Kusumastuti, dari Kejaksaan RI;
3. Kepala Sekretariat Dewan Pengawas Haerudin, dari KPK RI;
4. Direktur Gratifikasi dan Pelayanan Publik Herda Helmijaya, dari KPK RI;
5. Direktur Pembinaan Jaringan Kerja Antarkomisi dan Instansi (PJKAKI) Kartika Handaruningrum, dari Kementerian Luar Negeri RI;
6. Direktur Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi Amir Arief, dari KPK RI;
7. Kepala Pusat Perencanaan Strategis Pemberantasan Korupsi (PPSPK) Muhamad Suryanto, dari Kementerian Keuangan RI;
8. Kepala Biro Sumber Daya Manusia Zuraida Retno Pamungkas, dari Kementerian Keuangan RI;
9. Kepala Biro Hubungan Masyarakat Yuyuk Andriati Iskak, dari KPK RI;
10. Kepala Cabang Rumah Tahanan (Rutan) KPK Achmad Fauzi, dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : VOI

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *