Ikuti AS, Italia Laporkan Kasus Pertama Cacar Monyet

Italia pada Kamis 19 Mei 2022 melaporkan kasus cacar monyet pertamanya. Italia mengikuti sejumlah negara Eropa dan Amerika Utara lainnya dalam mendeteksi penyakit endemik di beberapa bagian Afrika.

“Cacar monyet diidentifikasi pada seorang dewasa muda yang baru saja kembali dari Kepulauan Canary,” kata Institut Spallanzani Roma untuk penyakit menular, seperti dikutip AFP, Jumat 20 Mei 2022.

“Pasien dirawat dalam isolasi dan dalam kondisi yang wajar,” katanya dalam sebuah pernyataan yang dibawa oleh kantor berita Italia.

Pihak institut menambahkan bahwa dua kasus lain yang dicurigai sedang diselidiki.

Alessio D’Amato, komisaris kesehatan untuk wilayah Lazio yang mencakup Roma, mengonfirmasi di media sosial bahwa itu adalah kasus pertama di negara itu, menambahkan bahwa situasinya “terus dipantau”.

Kasus cacar monyet juga telah terdeteksi di Spanyol dan Portugal – di mana lebih dari 40 kasus yang mungkin dan terverifikasi telah dilaporkan – serta Inggris, Swedia, Amerika Serikat, dan Kanada.

Penyakit, yang sebagian besar orang pulih dalam beberapa minggu dan yang hanya berakibat fatal dalam kasus yang jarang terjadi, telah menginfeksi ribuan orang di beberapa bagian Afrika Tengah dan Barat dalam beberapa tahun terakhir tetapi jarang terjadi di Eropa dan Afrika Utara.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada hari Selasa mengatakan sedang berkoordinasi dengan pejabat kesehatan Inggris dan Eropa mengenai wabah baru.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *