Anies Baswedan Kunjungi Mural Persahabatan Jakarta-Berlin di Jerman

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi mural yang menjadi penanda persahabatan Jakarta-Berlin, Jerman. Kunjungan ini merupakan rangkaian kegiatan Anies selama kunjungan kerja ke Jerman.

“Di Jalan Kendal, Dukuh Atas, Jakarta dan di Heidestraße, Berlin. Terpampang mural Penanda Sister City dua kota,” kata Anie melalui Instagram resmi @aniesbaswedan, Kamis (19/5/2022).

Mural persahabatan ini hanya berjarak 10 menit dari stasiun pusat, Berlin Hauptbahnhof. Selain itu, mural ini berada di kawasan Heidestraße yang menjadi jantung kota Berlin.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini bercerita, tempat inilah yang dulu jadi saksi bersatunya kembali wilayah barat dan timur kota yang terpisah Tembok Berlin. Tempat ini kemudian dikenal sebagai Europacity.

“Area ini dikenal sebagai “Europacity”, pusat bisnis yang dipenuhi gedung bercitarasa seni arsitektur tinggi serta ramah lingkungan,” kata Anies.

Di Europacity pula, lanjut dia, seni mural mempertemukan seniman terbaik dari timur dan barat Darbotz dan Snyder Berlin. Mereka melukis mural persahabatan untuk Jakarta dan Berlin sesuai ciri khas masing-masing kota.

“Lukisan mural Darbotz menceritakan refleksinya terhadap keberagaman para penduduk Jakarta dalam menjalani kehidupan di ibu kota, sedangkan karya Snyder menggambarkan maskot kota Berlin serta lansekap urban yang dinamis serta kaya,” jelas Anies.

Di Jakarta lanjut Anies, mural persahabatan terdapat di Terowongan Kendal, kawasan bisnis yang menjadi titik temu bermacam moda transportasi publik dan ramah pejalan kaki. Anies optimis kerja sama ini akan membawa dampak positif bagi Jakarta di masa depan.

“Ke depan kita optimis melalui kolaborasi dengan berbagai kota besar dunia semakin menguatkan langkah Jakarta sebagai kota bisnis berskala global,” tutupnya.

Temui Wali Kota Berlin

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melanjutkan rangkaian perjalanan kerjanya ke Eropa dengan mengunjungi Balai Kota Berlin, Jerman, Selasa 17 Mei 2022. Pertemuan ini diisi dengan membahas kerja sama kedua kota di masa depan.

Anies bertemu Wali Kota Berlin Franziska Giffey yang didampingi oleh senator Stephan Schwarz. Selain itu, juga hadir jajaran pemerintah kota Berlin lainnya.

“Sejak tiba di gerbang depan Rote Rathaus, Balai Kota Merah Berlin, sambutan hangat dari tuan rumah sister city Jakarta ini langsung terasa,” kata Anies melalui akun Instagram resmi @aniesbaswedan.

Anies diajak berkeliling dan diperlihatkan piala DFB-Pokal. Miniatur Balai Kota Berlin yang terbuat dari mainan lego juga tidak luput ditunjukkan.

“Sembari berjalan beriring di area bangunan merah ini, ia sempat menunjukkan piala DFB-Pokal dan miniatur balai kota yang terbuat dari Lego,” kata Anies.

Anies bersama Pemkot Berlin membahas berbagai kerja sama. Dimulai dengan kerja sama ekonomi dan budaya, kolaborasi Jakarta Future City Hub hingga inovasi kota pintar.

“Usai itu, di antara jamuan makan siang, kami berbincang banyak hal yang terkait dengan hubungan Jakarta-Berlin. Selain soal berbagai kerja sama ekonomi dan budaya yang sudah dan akan berjalan, kami juga membahas tentang kolaborasi Jakarta Future City Hub,” ujar Anies.

Anies menjelaskan bahwa Jakarta Future City Hub akan menjadi ruang kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dan Kota Berlin dalam mengatasi tantangan dan solusi keberlanjutan kota yang akan hadir di Jakarta melalui program Smart Change.

Dalam kesempatan yang sama, secara terpisah Anies menjelaskan Pemprov DKI Jakarta juga mengadakan pertemuan teknis dengan Pemerintah Kota Berlin dalam jumlah tim yang lebih kecil. Hal itu untuk membahas kerja sama mengenai smart city dan city branding.’

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : iNews

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *