Hasil Newcastle Vs Arsenal 2-0: The Gunners Terancam Gagal ke Liga Champions

Usai menang 2-0 di St James’ Park, pada Selasa (17/5/2022) dini hari WIB, Newcastle United bikin Arsenal terancam gagal ke Liga Champions. Satu dari dua gol kemenangan Newcastle tercipta via gol bunuh diri dari bek Arsenal Ben White pada menit ke-56.

Sementara satu gol The Magpies lainnya dicetak oleh Bruno Guimaraes pada menit ke-85. Hasil Liga Inggris ini membuat Newcastle United naik peringkat ke posisi 12 klasemen Liga Inggris dengan koleksi 46 poin dari 37 laga.

Di sisi lain, kekalahan yang diderita oleh Arsenal ini membuat mereka terancam gagal ke Liga Champions musim depan. The Gunners masih tertahan di peringkat kelima dengan koleksi 66 poin, terpaut dua angka dari Tottenham Hotspur yang berada di batas zona akhir Liga Champions.

Jelang lawatan ke markas Newacstle, Arsenal sejatinya mengantongi bekal apik. Arsenal tercatat memenangkan 17 dari 18 pertandingan melawan Newcastle United di Premier League. Hanya sekali mereka kalah 1-2 dari Newcastle di St James’ Park pada Aprli 2018.

Melihat rekor pertemuan tersebut, Newcastle tentu tak mau menelan kekalahan lagi. The Magpies langsung menguasai permainan di babak pertama. Penguasaan bola para pemain Newcastle membuat Arsenal kesulitan merebut bola.

Kans bagus Newcastle datang sebuah operan dari Sean Longstaff yang dicegat oleh kiper Arsenal, Aaron Ramsdale. Akhirnya serangan pun gagal. Kendati Arsenal tidak menguasai bola terlalu banyak, namun serangan peluru Meriam London cukup merepotkan pertahanan The Magpies saat berhasil mendapatkan bola.

Satu dari beberapa kans bagus The Gunners tercipta oleh Bukayo Saka (menit ke-24) melalui serangan balik cepat dari sisi kiri gawang Newcastle. Saka berlari dari sisi kanan lalu menuju ke tengah dekat area kotak penalti untuk melepaskan tembakan.

Namun, shooting Saka masih bisa diamankan kiper Newcastle, Martin Dubravka. Newcastle lalu mendapat kans bagus lainnya saat aksi solo run Allan Saint-Maximin (menit ke-36) merepotkan sisi kanan Arsenal.

Setelah melewati tiga pemain via solo run, Saint-Maximin melepaskan tembakan keras dari batas kotak penalti. Bola melesat ke arah sudut kiri bawah gawang, tetapi penyelamatan krusial Ramsdale membuat tembakan dari Saint-Maximin keluar dari lapangan.

Newcastle akhirnya membuka skor via gol bunuh diri bek Arsenal, Ben White, pada menit ke-56. Bermaksud memblok bola umpan silang Bruno Guimaraes yang ditujukan untuk Callum Wilson, Ben White justru mendorong bola tersebut ke gawang sendiri.

The Magpies kembali menebar ancaman ke gawang Arsenal via sepakan Wilson (menit ke-63) di area kotak penalti. Akan tetapi, bola tembakannya berhasil diblok oleh pemain bertahan lawan. Serangan dari tuan rumah lagi-lagi memberi ancaman berbahaya bagi The Gunners. Wilson nyaris mencetak gol dari jarak jauh setelah melihat kiper lawan sedikit maju ke depan. Namun, tembakannya masih melebar di tiang kiri gawang Arsenal. Jelang lima menit laga berakhir, Newcastle menggandakan keunggulan via Guimaraes setelah memanfaatkan bola liar di depan gawang Arsenal. Newcastle akhirnya menyegel kemenangan 2-0 atas Arsenal. Newcastle United vs Arsenal 2-0 (White 56′ b.d, Guimaraes 85′)

Susunan Pemain
Newcastle vs Arsenal Newcastle United (4-3-3): 1-Dubravka (GK); 17-Krafth, 5-Schaer (6-Lascelles 50′), 33-Burn, 13-Targett; 36- Longstaff, 39-Guimaraes, 7-Joelinton; 24-Almiron (23-Murphy 76′), 9-Wilson (34-Gayle 90′), 10-Saint-Maximin (21-Fraser 77′). Cadangan: 26-Darlow (GK), 3-Dummett, 15-Trippier, 18-Fernandez, 11-Ritchie.

Pelatih: Eddie
Howe Arsenal (4-2-3-1): 32-Ramsdale (GK); 18- Tomiyasu (17-Soares 39′), 4-White, 6-Gabriel (19-Pepe 73′), 20-Tavares (9-Lacazette 62′); 25-Elneny, 34-Xhaka; 7-Saka, 8-Oedegaard, 10-Smith Rowe (35-Martinelli 53′); 30-Nketiah. Cadangan: 1-Leno (GK), 69-Swanson, 65-M’Hand, 23-Lokonga, 87-Patino. Pelatih: Mikel.

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *