Presiden Sri Lanka Bakal Segera Tunjuk Perdana Menteri dan Kabinet Baru

Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa mengatakan pada Rabu (11 Mei) dia akan menunjuk perdana menteri dan kabinet baru minggu ini, setelah kakak laki-lakinya dan mantan perdana menteri Mahinda Rajapaksa mengundurkan diri menyusul kekerasan mematikan di negara itu.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Kamis (12/5/2022), perdana menteri dan kabinet baru akan memimpin mayoritas di parlemen dengan 225 kursi, kata Rajapaksa, seraya menambahkan dia akan membawa reformasi konstitusi untuk memberikan lebih banyak kekuasaan kepada parlemen.

“Saya mengambil langkah-langkah untuk membentuk pemerintahan baru untuk mengendalikan situasi saat ini, untuk mencegah negara jatuh ke dalam anarki serta untuk mempertahankan urusan pemerintahan yang terhenti.

Pernyataan presiden mengikuti komentar dari gubernur bank sentral Sri Lanka pada hari sebelumnya, yang mengatakan dia akan mundur dalam beberapa minggu kecuali stabilitas politik dipulihkan.

P Nandalal Weerasinghe, yang ditunjuk sebagai kepala bank sentral bulan lalu untuk membantu negara kepulauan berpenduduk 22 juta orang itu menemukan jalan keluar dari krisis ekonomi terburuknya dalam sejarah, mengatakan pemerintah yang stabil sangat penting untuk menghentikan gejolak tersebut.

“Saya telah dengan jelas mengatakan kepada presiden dan pemimpin partai politik lainnya bahwa jika stabilitas politik tidak tercapai dalam dua minggu ke depan, saya akan mundur,” kata Weerasinghe kepada wartawan.

“Tanpa stabilitas politik, tidak masalah siapa yang menjalankan bank sentral,” katanya, “tidak akan ada cara untuk menghentikan kemerosotan ekonomi.”

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *