Polisi Imbau Pemudik Pantau Medsos untuk Informasi Lalin Terbaru

Korlantas Polri meminta masyarakat, khususnya pemudik, memantau perkembangan informasi arus balik Lebaran 2022 di media sosial.
Kepala Korlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan hal tersebut penting lantaran diskresi kepolisian terkait kebijakan arus balik lebaran dapat diterapkan kapan saja sesuai kondisi terkini di lapangan.

“Diskresi ini bisa diterapkan kapan saja, maka ikuti sosmed, radio, dan sebagainya, sehingga pulang bisa lebih nyaman,” jelasnya di Command Center KM 29 Tol Jakarta-Cikampek, Kamis (4/5).

Firman menegaskan meski dapat berubah kapan saja, seluruh diskresi kepolisian yang diambil tidak dilakukan secara asal-asalan. Ia mengatakan pelbagai kebijakan tersebut dilakukan demi kepentingan khalayak luas.

“Kami mengingatkan, kami tidak ingin menonjolkan kewenangan tapi diskresi untuk kepentingan yang lebih besar harus kami ambil dalam kondisi yang sangat tidak ideal dan bisa terjadi kapan saja,” ucapnya.

Firman mencontohkan beberapa kebijakan arus balik yang berlaku di antaranya merupakan rekayasa lalu lintas one way atau contra flow.

“Bisa saat ini kami laksanakan satu lajur, bisa sekian menit kemudian kami mekarkan menjadi dua, tiga hingga akhirnya menjadi one way dan waktunya juga bisa berubah,” terang dia.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meminta warga atau pemudik menghindari pulang kampung pada puncak arus balik mudik, yakni pada 6 sampai 8 Mei 2022.

Jokowi meminta masyarakat pulang ke kota sebelum atau setelah puncak arus balik. Hal itu perlu dilakukan demi menghindari kepadatan di perjalanan.

“Untuk menghindari kepadatan arus balik dan agar kita semua nyaman di perjalanan,” katanya di Istana Kepresidenan Yogyakarta, Selasa (3/5).

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *